Friday, May 22, 2020

Begini Rekomendasi Spesifikasi PC Gaming di Tahun 2018

Game-sport PC modern semacam Resident Evil 7: Biohazard, Destiny 2, PUBG (PlayerUnknown Battleground), FIFA 18, Outlast 2, PES 2018, Mass Effect Andromeda, Call of Duty: WWII, dan lainnya sudah pasti membutuhkan gaming gear atau PC gaming terbaik yang mumpuni. Apalagi bagi kalian yang tidak hanya bermain sport, tapi juga live recording sport dan live streaming tentu perlu komputer dengan spesifikasi tinggi. Dengan begitu pengalaman bermain sport menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Jika kalian bermain sport pada PC yang tidak memiliki spesifikasi memadai, kemungkinan kinerja sport menjadi terhambat sehingga akan mengganggu kenyamanan. Dalam artikel ini, Tekno Jempol akan memberikan rekomendasi mengenai spesifikasi gaming gear alias PC gaming standar di tahun 2018. Umumnya, sport-sport PC modern saat ini memiliki kebutuhan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Berikut ini penjelasan lengkapnya

Baca juga : Inilah Spesifikasi PC Gaming Terbaik Tahun 2019

Spesifikasi PC Gaming Standar tahun 2018

CPU/Processor quad middle

Pertama, untuk memainkan sport-sport PC terkini setidaknya menggunakan komputer yang memiliki CPU/Processor quad center. Processor dengan 4 middle saat ini sudah sangat cukup untuk mendukung kinerja sport PC modern sehingga dapat menghasilkan sportplay yang nyaman. Apalagi dengan adanya Windows 10 dan DirectX 12 membuat CPU 4 middle semakin dioptimalkan.

Processor quad center juga cukup baik untuk aktifitas multitasking multimedia seperti seperti bermain sport sembari live recording, live streaming, video conference, dll. Aktifitas semacam ini tentu sangat memanfaatkan resource CPU 4 middle atau lebih. Jika perlu, kalian bisa menggunakan processor quad middle yang memiliki teknologi multithreading atau hyperthreading sehingga bisa menangani banyak proses.

Yang perlu diperhatikan, pilih CPU atau processor minimal yang diproduksi 3 tahun/generasi ke belakang. Sebab, jika menggunakan processor generasi lawas tentu kinerjanya jauh ketinggalan ketimbang processor generasi terbaru. Lagipula, processor 3 generasi ke belakang masih dijumpai di pasaran sehingga kalian masih dapat membelinya. Processor generasi lawas pasti sudah tidak diproduksi lagi sehingga di pasaran hanya ada produk bekas. Contoh processor yang sesuai dengan spesifikasi PC gaming 2018 kali ini diantaranya

  • Seri Intel Core (Haswell)
    • Core i5-4460, -4590, -4690, dll
    • Core i7*-4770, -4790, dll
  • Seri AMD Athlon X4 (Kaveri), misal Athlon X4 840, 860K, dll
  • Seri AMD FX (Vishera), misal FX-6300, -8310, -8320E, -8370, dll
  • Seri AMD Ryzen 3 dan Ryzen 5

*) Intel Core i7 Haswell memiliki 4 middle, namun dengan teknologi Hyper Threading dapat mengeksekusi 8 threads.

Baca juga : Daftar Processor AMD dan Intel Terbaik 2017

Kartu grafis dengan GPU yang sudah mendukung DirectX 12

Agar mendapatkan tampilan sport yang enak dipandang, kalian membutuhkan kartu grafis yang memiliki kinerja GPU (Graphic Processing Unit) memadai. VGA Card berkinerja optimal sangat diperlukan untuk menjalankan sport-sport PC modern. Saat ini kebanyakan sport PC modern lebih fokus pada efek tampilan grafis sehingga sangat membebani kinerja perangkat grafis.

Pada rekomendasi spesifikasi PC gaming 2018 kali ini, kalian setidaknya memilih VGA Card yang telah mendukung DirectX 12. Hal ini dikarenakan sport-sport PC modern sudah mulai menggunakan platform tersebut. Namun, banyak juga ditemui sport PC modern yang masih menggunakan platform DirectX 11 semisal Fortnite Save The World/Battle Royale. Selain itu, kartu grafis yang kalian gunakan minimal punya VRAM sebesar 2GB agar mampu menangani resolusi tampilan yang cukup tinggi.

Sama seperti processor, VGA Card yang dipakai setidaknya dengan GPU 3 tahun/generasi kebelakang. Alasannya kinerjanya masih tergolong memadai dan masih dapat ditemui di pasaran. Beberapa contoh GPU yang sesuai dengan spesifikasi PC gaming 2018 kali ini diantaranya

  • AMD Radeon seri 200, misal R7 265, R9 270
  • NVIDIA Geforce
    • Seri GTX 600, misal GTX 650 Ti, 660, 660 Ti, dll
    • Seri GTX 700, misal GTX 750 Ti, 760, 770, dll
Untuk kartu grafis yang mendukung DirectX 12 lainnya, dapat kalian baca pada artikel dengan judul VGA Nvidia Dan AMD Yang Support DirectX 12 (Windows 10)

Dalam rekomendasi spesifikasi ini, Tekno Jempol tidak menyarankan penggunaan IGP (Integrated Graphic Processing) atau processor grafik terintegrasi untuk memainkan sport PC modern. IGP umumnya terintegrasi dalam chip processor. IGP harus menggunakan VRAM dengan cara berbagi (shared) dengan memori utama (RAM) sebesar maksimal 2GB.

Baca juga :Game PC Terbaik Yang Bisa Jalan Pakai VGA Intel HD Graphics
Meski begitu, bukan tidak mungkin IGP modern juga memiliki spesifikasi dan kinerja yang tidak kalah bagus dari GPU kelas low-give up. IGP pada processor modern sebenarnya masih mampu menjalankan beberapa sport PC terkini dengan cukup nyaman meski resolusi tampilan yang dihasilkan tidak terlalu tinggi. Namun, banyak juga sport PC yang "menolak" dijalankan pada komputer yang hanya memiliki IGP.

Memori RAM 8GB DDR4

Selanjutnya untuk menunjang kinerja sport yang optimal, spesifikasi PC gaming kali ini merekomendasikan penggunaan memori RAM dengan kapasitas minimal 8GB. Kapasitas tersebut rasanya sudah cukup muat untuk menangani data sport-sport PC modern yang tergolong cukup besar.

Jenis memori RAM yang disarankan pada spesifikasi kali ini setidaknya DDR4. Teknologi DDR4 ini memang masih relatif baru, namun produknya sudah cukup banyak di pasaran. Tekno Jempol menyarankan penggunaan DDR4 karena menawarkan kinerja komputer dan efisiensi yang lebih baik ketimbang teknologi sebelumnya (DDR3). Namun jika processor yang kalian gunakan belum mendukung DDR4, silahkan gunakan memori RAM DDR3.

Lebih lanjut mengenai memori RAM, dapat kalian baca pada artikel dengan judul Memahami Fungsi dan Cara Kerja Memori RAM Pada Komputer dan Cara Gampang Pilih RAM Yang Cocok Dengan Motherboard PC

Gunakan SSD!

Untuk kebutuhan penyimpanan data, Tekno Jempol menyarankan penggunaan SSD (Solid State Drive). Salah satu kelebihan SSD yaitu kecepatan akses data yang jauh lebih kencang daripada difficult disk. Kecepatan akses data pada SSD tentu berpengaruh pada kinerja PC gaming diantaranya mempercepat proses booting dan loading data sport.

Hanya saja, harga SSD masih terasa agak mahal ketimbang difficult disk biasa. Pada kapasitas yang sama, harga SSD bisa mencapai 3 kali lipat harga difficult disk. Untuk itu, mungkin kalian bisa menggunakan SSD berkapasitas sedang seperti 120-250GB. Saat ini, ada tiga model SSD yaitu SATA 2.5", PCI Express Card, dan M.2 NVME. SSD dengan model SATA 2.5" rasanya bisa jadi pilihan karena harganya lebih terjangkau.

Kalian dapat membaca Tips Memperpanjang Usia SSD Agar Awet Dan Tetap Optimal agar kinerja SSD dalam PC gaming kalian tetap lancar.

Sistem operasi Windows 10 sixty four-bit

Jika melihat spesifikasi di atas, maka sistem operasi yang cocok untuk menjalankan PC gaming standar 2018 adalah sistem operasi Windows 10 64-bit. OS 64-bit akan berjalan optimal pada processor dan kartu grafis modern serta memori RAM 4GB atau lebih. Selain itu, platform DirectX 12 eksklusif hanya tersedia pada Windows 10. Meski begitu, masih banyak sport PC modern yang menggunakan platform DirectX 11 sehingga dapat dijalankan pada Windows generasi lama seperti Windows 7 SP1, Windows 8, atau Windows 8.1

Selain Windows, sistem operasi yang dapat dipasang yakni Linux 64-bit. Hal ini berkat aplikasi distributorsport secara online, Steam yang juga sudah mendukung platform Linux. Hanya saja, sport untuk platform Linux tidak sebanyak sport untuk OS Windows

Baca juga : Alasan Windows 64-bit Lebih Aman Daripada Windows 32-bit

Perangkat lainnya

  • Monitor HD atau Full HD setidaknya dengan resolusi 1920 x 1080 untuk mendapatkan tampilan sport yang nyaman.
  • DVD-ROM untuk media instalasi sistem operasi, driver, atau aplikasi sport
  • Koneksi internet baik via LAN atau Wifi. Disarankan menggunakan koneksi internet kecepatan tinggi agar lebih mengoptimalkan sportplay khususnya pada sport online.
  • Perangkat audio standar
  • Keyboard dan mouse standar, tapi akan lebih baik jika menggunakan keyboard mekanik dan mouse gaming.
  • Memilih Motherboard , case, dan PSU (Power Supply Unit) tinggal menyesuaikan komponen di atas atau platform yang digunakan.

Jika disimpulkan, spesifikasi PC gaming standar 2018 adalah

  • CPU 4 middle (disarankan rilis 3 generasi kebelakang)
  • VGA Card yang mendukung DirectX 12 (disarankan rilis 3 generasi kebelakang)
  • Memori 8 GB DDR4
  • SSD berkapasitas 120-250 GB
  • Monitor HD atau Full HD dengan resolusi 1920 x 1080
  • Sistem operasi Windows 10 sixty four-bit

Baca juga :

  • Spesifikasi PC untuk PES 2018
  • Spesifikasi PC untuk FIFA 18
  • Spesifikasi PC untuk FM 2018
Penjelasan di atas bisa menjadi panduan dan rekomendasi bagi kalian yang ingin bermain sport di PC atau membeli/mengganti difficultware PC yang baru. Silahkan sesuaikan spesifikasi PC gaming di atas dengan budget dan kebutuhan yang akan kalian gunakan.

Bagi kalian yang ingin mencoba sport PC berbasis virtual reality (VR), pastikan PC kalian telah sesuai rekomendasi platform VR. Lebih lanjut mengenai PC gaming untuk VR, kalian bisa membacanya pada artikel yang berjudul Inilah Spesifikasi PC Gaming Berbasis Virtual Reality (VR). Untuk PC yang digunakan sebagai tools bantuan pada pekerjaan bidang desain grafis dan editing multimedia dapat kalian baca pada artikel dengan judul Inilah Spesifikasi PC Desain dan Editing Standar 2017.

Berikut ini ada beberapa contoh produk komputer desktop dan laptop yang memiliki spesifikasi yang sama/mirip dengan spesifikasi PC gaming standar di atas

Produk Laptop SpesifikasiHarga*
Acer Aspire E5-553GAMD Quad Core FX-9800P, 15.6" LCD, 8GB, SSD 128GB + 1TB, DVDRW, AMD Radeon R8 M445, Camera, Wifi, DOSRp. 8.230.000
Asus Vivobook Pro N580VD-FY001Intel Core i7-7700HQ, RAM 8GB DDR4, HDD 1TB + 128 SSD, nVidia Geforce GTX 1050 4G DDR5, 15.6" FHD, DOSRp. 14.400.000
Dell Inspiron 14 7460Intel Core i7 7500U, 8GB DDR4, 128GB SSD + 1TB, Non DVDRW, Nvidia GT940M 2GB, Bluetooth, Card Reader, Wifi, Camera, 14" FHD, Win 10Rp. 14.300.000
*) harga dirangkum dari berbagai sumber.

Banyak pengguna komputer juga yang lebih memilih merakit PC gaming sendiri daripada membeli komputer built-up. Alasannya karena ingin mendapatkan komputer dengan spesifikasi yang maksimal sesuai dengan budget dan kebutuhan mereka. Berikut ini Tekno Jempol akan memberikan contoh spesifikasi PC gaming desktoprakitan sesuai panduan di atas

KomponenProdukHarga*
ProcessorIntel Core i3 8100Rp. 1.695.000
MotherboardASRock AB310M-HDV/M.2Rp. 1.065.000
Memori RAMAvexir Core DDR4 8GB (2x4GB) PC19200Rp. 1.330.000
SSDTeam SSD TLC L5 240GBRp. 835.000
VGA CardZotac Geforce GTX 1060 3GBRp. 3.580.000
CasingCube Gaming EzuryRp. 360.000
PSUFSP Hexa Plus II 500WRp. 575.000
TotalRp. 9.440.000
*) harga dirangkum dari berbagai sumber.

Jika keberatan dengan rekomendasi spesifikasi PC di atas, mungkin kalian dapat membaca artikel dengan judul Inilah Spesifikasi PC Gaming Standar Tahun 2017. Artikel juga berisi rekomendasi spesifikasi yang tentu sedikit lebih rendah dan terjangkau.

Untuk bisa membuat rancangan spesifikasi PC gaming rakitan seperti di atas, kalian bisa membaca artikel yang berjudul Cara Membuat Rancangan Spesifikasi PC Rakitan. Setelah merakit PC gaming, ada baiknya juga melakukan beberapa pengujian singkat guna memastikan sistem dapat berjalan optimal. Pengujian yang dilakukan dapat kalian baca selengkapnya pada artikel dengan judul Yang Harus Dilakukan Setelah Merakit PC Gaming.

Contoh produk komputer desktop atau laptop di atas mungkin bukan termasuk PC gaming high end. Tapi, dipastikan mampu untuk menjalankan sport-sport terkini dengan resolusi sedang. Harga PC gaming dengan spesifikasi di atas juga sengaja Tekno Jempol pilih dengan budget yang tidak terlalu mahal sehingga dapat dijangkau oleh banyak orang. PC gaming rakitan dengan budget 9 jutaan sangat wajar ditemui di berbagai toko komputer.

Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment