Begini Spesifikasi PC Desain dan Editing Terbaik Untuk 2019

Jika berminat dengan pekerjaan desain grafis dan editing multimedia, kalian tentu membutuhkan perangkat PC untuk mengerjakannya. Tentu, bukan sembarang PC tapi PC yang benar-benar punya kinerja workstation tinggi. Komputer tersebut harus memiliki produktivitas tinggi agar dapat membantu produksi konten digital dengan lebih mudah.

Apalagi aplikasi untuk pekerjaan desain visible dan modifying video yang populer seperti Adobe Premiere, AutoCAD, Adobe Photoshop, GIMP, Inkscape, CorelDRAW, 3Ds Max, Adobe Flash, dan lainnya punya segudang fitur dan fungsi untuk mempermudah pengguna dalam mengkreasikan konten yang menarik.

Program aplikasi di atas seringkali mewajibkan penggunaan komputer dengan spesifikasi di atas standar. Ini bertujuan supaya pekerjaan menjadi lebih gampang dan konten yang dihasilkan mempunyai nilai lebih.

Penasaran seperti apa spesifikasi PC desain grafis dan modifying video untuk tahun 2019 ? Ikuti penjelasan tentang komponen komputer tersebut berikut ini

Daftar isi

  1. Rencana spesifikasi komputer desain/editing
  2. Kebutuhan CPU
  3. Kebutuhan GPU pada kartu grafis
  4. RAM minimal yang harus tersedia
  5. Kebutuhan media penyimpanan
  6. Penggunaan sistem operasi 64-bit generasi terbaru
  7. Komponen komputer lainnya
  8. Contoh produk PC desktop/laptop (dan harganya) untuk desain/editing
  9. Contoh spesifikasi PC desain/editing rakitan dan harganya

Spesifikasi Komputer Desain dan Editing Terbaik 2019

KomponenSpesifikasi minimalSpesifikasi rekomendasi
CPUCPU kelas mid-endCPU kelas high-end
GPUGPU kelas mainstream/standarGPU kelas professional
RAM16 GB16 GB / 32 GB
Penyimpanan500 GB1 TB
Sistem operasiWindows/Linux 64-bit generasi terbaru

CPU kelas excessive-stop / mid-end ?

Mengapa kalian harus menggunakan CPU kelas high-end ? Seperti yang kita tahu, processor untuk kelas high-end/performance punya kemampuan yang lebih baik daripada processor di bawahnya. CPU kelas high-end memiliki jumlah core lebih banyak, clock speed lebih kencang, dan fitur-fitur terbaik yang dapat meningkatkan kinerja komputer.

Dengan menggunakan CPU kelas high-end, kalian mungkin tidak akan mengalami kendala seperti lag, delay, atau crash. Desain, editing, dan rendering menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, dukungan kinerja yang tinggi dapat membantu kalian menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Jika processor kelas high-quit dirasa agak mahal, mungkin kalian bisa menggunakan processor kelas mid-stop yang harganya lebih murah. Dari sisi spesifikasi dan performa, tentu processor ini di bawah processor excessive-quit.

Saat memilih processor untuk desain dan editing, kalian sebaiknya memilih processor yang telah diproduksi 3 tahun/generasi ke belakang. Sebab, processor tersebut masih mudah dijumpai di pasaran dan punya kinerja yang memadai. Beberapa contoh produk CPU/processor yang direkomendasikan pada spesifikasi kali ini diantaranya

  • Intel Core i5
  • AMD Ryzen 5
  • -6500, -6600K
  • -7400, -7600
  • -8400, -8600K
  • 1600, 1500
  • 2400G
  • 2500X, 2600X
  • Seri Intel Core i7
  • Seri Intel Core i9
  • Seri AMD Ryzen 7
  • Seri AMD Threadripper
  • Skylake : Core i7-6700, -6700K, -7800X, -7820X, -9800X
  • Kaby Lake Core i7-7700, -7700K, -7740X
  • Coffee Lake: Core i7-8700, -8700K
  • Skylake-X : Core i9-7900X, -9900X
  • Coffee Lake-S : Core i9-9900K
  • Summit Ridge: Ryzen 7 1700, 1700X, 1800X
  • Pinnacle Ridge : Ryzen 7 2700, 2700X
  • Whiteheaven : Ryzen TR 1900X, 1920X, 1950X
  • Pinnacle Ridge : Ryzen TR 2920X, 2950X, 2990WX
Baca juga :Tingkatan Processor Intel dan AMD Terbaik 2018
Kalian sebetulnya masih dapat menggunakan CPU dengan jumlah core 4 atau dibawahnya. Atau menggunakan CPU bekas yang diproduksi lebih dari 3 tahun/generasi yang lalu. Resikonya, kalian mungkin akan mengalami kendala berupa penurunan produktivitas kerja sebab kinerja CPU yang digunakan sudah tertinggal jauh.

Kartu grafis dengan GPU kelas professional/excessive-give up

Pekerjaan desain grafis atau editing multimedia pasti menuntut ketelitian dan akurasi visual yang tinggi. Tujuannya agar konten yang dihasilkan benar-benar dapat menjadi produk terbaik yang mampu diterima oleh konsumen.

Oleh karena itu, spesifikasi PC untuk desain grafis kali ini membutuhkan VGA card dengan GPU (Graphic Processing Unit) kelas professional/high-end. GPU ini memang dirancang khusus untuk menangani objek grafis dengan detail dan akurasi yang sangat tinggi. Apalagi jika kalian akan membuat produk visual yang sangat kompleks seperti rancangan tata ruang/wilayah atau model infrastruktur.

Baca juga :Mengenal Kartu Grafis Professional Nvidia Quadro dan AMD FirePro
Kartu grafis dengan GPU kelas professional juga mampu menawarkan kinerja dan produktivitas tinggi. Saat bekerja dengan objek grafis yang kompleks, GPU kelas professional mampu melakukan transisi dengan sangat halus. Kemampuan semacam ini jarang dimiliki oleh GPU kelas mainstream atau standar yang lebih banyak di pasaran. Jika berminat, kalian dapat memilih VGA card untuk calon PC kalian dengan GPU yang juga diproduksi setidaknya 3 tahun/generasi ke belakang. Sama halnya seperti CPU, GPU tersebut masih mudah dijumpai di pasaran dan punya kinerja yang memadai. Beberapa contoh produk GPU kelas professional yang disarankan untuk spesifikasi kali ini diantaranya.
  • Seri AMD Radeon
  • Seri Nvidia Geforce
  • RX Vega 56, Vega sixty four
  • GTX 1070 Ti, 1080 Ti
  • Titan X
  • RTX 2080, 2080 Ti
  • Seri Nvidia Quadro
  • Seri AMD Radeon Pro
  • Maxwell : Quadro M2000, M4000
  • Pascall : Quadro P1000, P2000
  • RTX : Quadro RTX 4000, RTX 6000
  • GCN generasi ke 4 : Radeon Pro WX2100, WX4100
  • GCN generasi ke 5 : Radeon Pro WX 8200, WX9100
Beberapa program aplikasi desain/editing mungkin hanya memerlukan kartu grafis dengan GPU standar semisal Nvidia Geforce dan AMD Radeon. Jika budget tidak cukup untuk membeli VGA card kelas professional, kalian dapat menggunakan VGA card kelas standar yang harganya lebih murah.

Baca juga : Urutan GPU VGA AMD dan NVidia Terbaik 2018

Memori RAM DDR4 sixteen GB (minimal!)

Untuk PC desain/editing kali ini, kalian sebaiknya memilih memori RAM yang cocok dengan kebutuhan program aplikasi yang akan digunakan. Beberapa program aplikasi desain mungkin hanya membutuhkan memori RAM berkapasitas 8 GB. Namun, ada juga aplikasi yang menyarankan penggunaan memori RAM dengan kapasitas lebih dari 16 GB. Tapi, kebanyakan program aplikasi desain dan editing membutuhkan memori RAM berkapasitas 16 GB. Kapasitas tersebut rasanya memang sudah cukup untuk menangani pekerjaan desain/editing. Karena harus menggunakan CPU generasi terbaru, maka jenis memori RAM yang harus digunakan adalah DDR4. Teknologi DDR4 sudah menawarkan kecepatan akses yang lebih kencang dan dukungan kapasitas yang jauh lebih besar. Agar kinerja komputer lebih bagus, memori RAM ini setidaknya dipasang pada mode dual-channel atau quad-channel.

Baca juga :Cara Gampang Pilih RAM Yang Cocok Dengan Motherboard PC

Storage : SSD berkapasitas besar

Sekarang sudah waktunya untuk menggunakan media penyimpanan dengan kecepatan tinggi. Untuk itu, komputer desain/editing kali ini wajib menggunakan SSD (Solid State Drive). SSD terbukti memiliki kecepatan akses yang jauh lebih kencang dari pada hard disk biasa. Dengan menggunakan SSD, kinerja dan produktivitas pasti akan meningkat.

Dalam pekerjaan produksi film atau video modifying, konten yang diolah biasanya mempunyai ukuran yang betul-betul memakan ruang penyimpanan. Apalagi jika mengolah konten dengan resolusi tinggi. Oleh sebab itu, kalian sebaiknya menggunakan SSD yang memiliki kapasitas besar.

Baca juga : Tips memilih SSD terbaik untuk PC
Jika SSD berkapasitas besar dirasa cukup mahal, kalian dapat menggunakan SSD yang berkapasitas sedang. Namun, kalian juga harus melengkapi dengan penyimpanan tambahan berupa hard disk dengan kapasitas minimal 500 GB - 1 TB. SSD nantinya dapat digunakan untuk sistem operasi dan program aplikasi, sedangkan hard disk digunakan untuk menyimpan konten yang akan diolah.

Sistem operasi sixty four-bit generasi terbaru

Untuk mendukung komponen hardware PC generasi terbaru, kalian juga harus menggunakan sistem operasi terbaru pula. Karena program aplikasi desain/editing banyak mendukung sistem operasi Windows, maka kalian dapat memasang sistem operasi Windows 10 64-bit. Sistem operasi Windows 10 sudah direkomendasikan oleh banyak program aplikasi modern.

Selain itu, banyak dealer hardware yang mendukung sistem operasi ini. Jadi, rasanya sudah pas jika memasang sistem operasi buatan Microsoft tersebut. Selain Windows 10, kalian juga dapat menggunakan pilihan sistem operasi alternatif seperti platform Linux. Linux juga tidak kalah hebat dari Windows. Dukungannya juga cukup banyak. Jika berminat, kalian dapat menggunakan sistem operasi Linux 64-bit dengan beragam distro, misalnya Ubuntu.

Baca juga : Alasan Windows 64-bit Lebih Aman Daripada Windows 32-bit

Komponen lainnya

  • Memilih  Motherboard, case, dan PSU (Power Supply Unit) tinggal menyesuaikan komponen di atas atau platform yang digunakan.
  • Monitor dengan minimal resolusi Full HD 1920 x 1080 atau setidaknya ukuran layar 20" dan telah mendukung sinyal digital sebab VGA Card modern kebanyakan menggunakan konektor digital seperti HDMI atau DisplayPort (DP) untuk memaksimalkan fitur grafis
  • DVD-ROM untuk media instalasi sistem operasi, driver, atau aplikasi software desain/editing
  • Koneksi internet broadband via LAN atau Wifi
  • Perangkat audio standar. Untuk editing musik atau lagu, kalian dapat menambahkan perangkat Sound card agar mendapatkan hasil konten suara yang lebih bagus.
  • Keyboard dan mouse standar. Bagi kalian yang hobi menggambar dapat mempertimbangkan perangkat Drawing Tablet untuk memudahkan proses menggambar secara digital.
Umumnya, software aplikasi desain/editing memerlukan komputer dengan spesifikasi seperti di atas. Sebetulnya, tidak ada standar baku dalam spesifikasi untuk PC desain/editing. Sebab, setiap aplikasi desain/editing punya keunikan dan ciri khasnya masing-masing sehingga kebutuhan sistem pun kadang berbeda.

Jika ingin membeli laptop/komputerbuilt-up atau membangun PC desktop rakitan sendiri, spesifikasi di atas mungkin bisa jadi pertimbangan. Spesifikasi komputer di atas tidak hanya dapat digunakan untuk kebutuhan desain dan editing atau workstation saja, tapi juga untuk kebutuhan mainstream (office, browsing, dan media center) serta hiburan seperti bermain game dan virtual reality (VR).

Baca juga : Inilah Spesifikasi PC Gaming Terbaik Tahun 2020

Contoh produk PC desktop/computer (beserta harganya) untuk pekerjaan desain/editing

ProdukSpesifikasiHarga*
Dell Precision Mobile M3510Intel Core i7-6820HQ/ 16GB/ 1TB HDD/ AMD FirePro W5130M 2GB/ 15.6 FHD/ Windows 10 Prof. 64bit/ Dell SlipcaseRp 23,000,000
MSI WE63 8SIIntel Core i7-8750HQ, RAM 8GB, HDD 1TB, SSD 128GB, 15.6", nVidia Quadro P1000 4GB, Win 10 HomeRp 23,999,000
Lenovo ThinkStation P330-8IDIntel Core i7-8700T, RAM 8GB, HDD 2TB, nVidia Quadro P620 2GB, Win 10Rp 20,000,000

Baca juga : Tips Memilih Laptop Murah Untuk Pelajar/Mahasiswa

Contoh simulasi PC computing device rakitan untuk desain/editing

Spesifikasi minimum (mid-quit)

KomponenProdukHarga*
ProcessorAMD Ryzen 5 1600Rp 2,575,000
MotherboardASRock B450M-HDVRp 1,180,000
Memori RAMKLEVV DDR4 BOLT X Series PC21300 2666MHz Dual Channel 16GB (2X8GB)Rp 1,920,000
SSDCrucial BX500 120GBRp 429,000
Hard diskWDC 1TB SATA3 64MB - BlueRp 655,000
VGA CardGALAX Geforce GTX 1060 6GB DDR5 OCRp 3,990,000
CasingCUBE GAMING GLADIATORRp 450,000
PSUAerocool VX PLUS 550WRp 490,000
TotalRp 11,689,000

Spesifikasi rekomendasi (high-quit)

KomponenProdukHarga*
CPUAMD AM4 Ryzen 7 1700Rp. 3.930.000
MotherboardASRock B450 Pro 4Rp. 1.520.000
SSDTeam SSD TLC L5 240GB SATA3Rp. 580.000
Hard diskWDC 1TB SATA3 64MB - Blue - WD10EZEXRp. 660,000
Memori RAMKLEVV DDR4 BOLT X Series PC21300 2666MHz Dual Channel 16GB (2X8GB)Rp. 1,920,000
VGA CardMSI Geforce GTX 1070 Ti Armor 8GRp. 7.240.000
CaseCube Gaming GladiatorRp. 450.000
PSUAntec VP Series 600W 80+Rp. 750.000
TotalRp. 17.050.000

*) harga dirangkum dari berbagai sumber.

Simulasi spesifikasi di atas dapat kalian buat sendiri dengan panduan pada artikel dengan judulCara Membuat Rancangan Spesifikasi PC Rakitan

Spesifikasi dan harga komponen PC desain/editing rakitan di atas sengaja Tekno Jempol pilih dengan biayayang tidak terlalu mahal sehingga dapat dijangkau oleh banyak orang.

Jika merasa keberatan dengan rekomendasi spesifikasi PC di atas, mungkin kalian dapat membaca artikel dengan judulRekomendasi Spesifikasi PC Desain dan Editing di Tahun 2018. Artikel juga berisi rekomendasi spesifikasi yang tentu sedikit lebih murah dan terjangkau.

Akhir kata, demikian beberapa hal tentang spesifikasi komputer untuk desain dan enhancing di tahun 2019. Semoga bermanfaat...

0 comments