Wednesday, May 13, 2020

Cara Ampuh Mengatasi HP Lemot, Cocok Buat Android dan iPhone

Penyebab HP lemot mungkin tidak jauh berbeda dengan penyebab laptop lemot. Seperti yang kamu tahu, machine seperti phone Android dan iPhone memiliki sistem serupa dengan komputer. Jika kamu mengalami HP lemot, kamu bisa melakukan beberapa cara mempercepat HP Android/iPhone. Simak penjelasannya berikut ini.

Cara mengatasi HP lemot untuk Android dan iPhone

Restart handphone

Cara paling mudah mengatasi gadget yang mengalami penurunan kinerja yaitu melakukan restart. Handphone yang lemot akan dimulai ulang sehingga semua beban yang menghambat akan dihilangkan dan sistem akan "segar" kembali. Tidak hanya handphone, tapi juga smartphone, tablet, atau bahkan laptop lemot jika direstart maka performanya akan kembali kencang.

Restart juga ampuh untuk mengatasi handphone yang terasa panas. Rasa panas pada handphone umumnya disebabkan karena komponen bekerja terlalu keras akibat beban aplikasi yang berat. Untuk merestart handphone, kamu cukup menekan tombol electricity (biasanya disisi badan HP) selama beberapa saat kemudian pilih menu restart (atau mulai ulang)

Baca juga : 3 Manfaat Smartphone Yang Belum Banyak Diketahui

Menutup aplikasi yang tidak diperlukan

Berikutnya, jika cara di atas belum berhasil maka kamu harus menutup aplikasi pada handphone yang tidak terlalu diperlukan. Platform Android atau iOS pada iPhone memungkinkan kamu untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Sayangnya, banyak pengguna tidak sadar telah membukan banyak aplikasi dan lupa menutup jika telah selesai digunakan. Hal ini menyebabkan memori RAM HP penuh padahal aplikasi sedikit yang diinstall.

Setelah selesai digunakan, sebaiknya kamu menutup aplikasi tersebut agar HP tidak lemot dan panas. Untuk menutup aplikasi yang sudak tidak diperlukan, kamu cukup memilih menu close/exit pada masing-masing aplikasi tersebut. Jika sudah terlanjut membuka banyak aplikasi, berikut ini cara yang bisa dilakukan

  • Tekan menu di bagian kiri bawah layar smartphone Android
  • Akan tampil beberapa aplikasi yang sedang berjalan atau pernah dijalankan
  • Tap ikon close/exit (ikon X) pada aplikasi yang sudah tidak diperlukan.
  • Bisa juga dengan membuka menu Task manager
  • Pilih aplikasi yang ingin ditutup, kemudian tap tombol Stop
Baca juga :

  • Daftar Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Android
  • five Aplikasi Android Terbaik Untuk Edit Foto

Kamu juga bisa menutup aplikasi lewat Pengaturan Android

  • Buka aplikasi Settings/Pengaturan
  • Pilih menu Apps/Aplikasi
  • Cari kolom/tab Running Apps
  • Pilih aplikasi yang ingin ditutup, kemudian tap tombol Stop
  • Pada bagian ini, kamu sebaiknya berhati-hati karena di sini juga terdapat aplikasi untuk sistem Android. Jangan menutup semua aplikasi khususnya jika kamu tidak memahami aplikasi yang sedang berjalan tersebut. Cukup menutup aplikasi yang biasa kamu gunakan seperti browser, games, pemutar musik/video, dan lainnya.

Untuk mengatasi HP lemot saat bermain recreation, sebaiknya kamu hanya memasang aplikasi yang diperlukan saja. Ini juga untuk menghindari memori penyimpanan penuh yang bisa bikin HP lemot.

Kurangi kecerahan layar

Brightness atau kecerahan layar handphone mungkin tidak menyebabkan smartphone menjadi lemot. Tapi kecerahan layar akan membuat daya pemakain baterai handphone menjadi lebih cepat habis. Jika daya baterai sedikit, handphone akan menurunkan kinerjanya (menjadi lambat) agar sistem tetap hidup.

Sebagai saran, kamu bisa mengatur kecerahan layar secara otomatis. Jadi, jika kamu berada di luar ruangan dengan intensitas cahaya tinggi, kecerahan layar HP akan semakin tinggi. Sebaliknya, jika kamu berada di dalam ruangan dengan intensitas cahaya rendah, kecerahan layar juga akan menyesuaikan. Dengan begitu, daya baterai tidak cepat habis dan handphone tidak akan lemot.

Baca juga :6 Cara Menghemat Baterai Pada Gadget Biar Tahan Lama

Cara placing HP Android/iPhone agar tidak lemot

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan pada handphone Android atau iPhone agar tidak lemot saat internetan atau bermain game

  • Pastikan daya baterai cukup untuk beraktifitas selama mungkin. (setidaknya minimal 30%)
  • Jika daya baterai masih banyak, sebaiknya fitur penghemat daya dimatikan. Fitur ini umumnya akan mengurangi kinerja handphone agar tidak cepat menghabiskan daya baterai.
  • Jika sedang berinternetan, pastikan pula kamu berada di area yang terjangkau sinyal terbaik dari operator. Handphone akan bekerja keras mencari sinyal jika jauh dari area jangkauan yang menyebabkan pemakaian daya baterai tinggi.
  • Pada smartphone Android misalnya, sebaiknya tidak "di root" atau cukup dijalnkan pada mode standar. Sistem operasi Android setelah "di root" mungkin akan memakan resource yang sedikit lebih banyak. Hal ini berguna untuk mengatasi HP lemot setelah "di root"

Demikian beberapa cara mengatasi HP lemot yang bisa kamu coba. Cara ini bisa kamu coba pada semua merk phone Android seperti Samsung, Sony, Asus, dan lainnya. Sekali lagi, ini tergantung cara kamu memakai handphone/cellphone. Jika kamu menggunakan dengan wajar dan bijak, kemungkinan handphone tidak akan lemot. Selamat mencoba dan semoga cara ini berhasil dan bermanfaat...

No comments:

Post a Comment