Thursday, May 14, 2020

Cara Mudah Mengatasi Ancaman Meltdown dan Spectre

Celah keamanan ini berasal dari fungsi speculative execution pada processor modern. Speculative Execution adalah teknik optimalisasi kinerja sistem dengan cara mengeksekusi perintah secara spekulasi. Tujuannya agar perintah tersebut dapat segera terlaksana jika nanti dibutuhkan. Bila perintah tersebut akhirnya tidak dibutuhkan, semua hasil eksekusi akan diabaikan.

Baca juga :Tingkatan Processor Intel dan AMD Terbaik 2018

Ada dua ancaman yang disebabkan oleh celah keamanan tersebut yaitu Meltdown dan Spectre. Dengan mengeksploitasi fungsispeculative execution, Meltdown akan membobol proteksi OS dan aplikasi dalam memori untuk mencuri berbagai informasi penting. Sedangkan Spectre akan mengambil alih aplikasi tertentu untuk membocorkan data-data penting yang tersimpan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi (dan mencegah) agar ancaman Meltdown dan Spectre tidak terjadi ?

Berikut ini Tekno Jempol akan memberikan penjelasannya.

Update sistem operasi

Tak ada sistem yang a hundred% aman di dunia. Oleh karena itu, wajib bagi pengguna komputer atau gadget untuk terus memperbarui sistem operasi yang digunakan secara berkala. Meltdown dan Spectre mengancam semua processor modern-day sehingga tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada berbagai sistem operasi semacam Windows, Linux, MacOS, hingga Android.

Baca juga : Alasan Windows 64-bit Lebih Aman Daripada Windows 32-bit

Langkah pertama mencegah ancaman tersebut yaitu mengupdate sistem operasi. Dengan begitu, sistem operasi dapat mencegah eksploitasi fungsispeculative execution. Untuk sistem operasi Windows 7/8.1/10, Microsoft telah menyediakan patch yang bisa diinstall lewat Windows Update. Jika menggunakan OS Linux, MacOS, atau Android, silahkan gunakan fitur Update Software.

Update Antivirus, Antimalware atau Antispyware

Tentu saja virus, malware, spyware, dan aplikasi berbahaya lainnya yang akan mengeksplotasi fungsispeculative execution. Langkah berikutnya yaitu rutin memperbarui definisi antivirus, antimalware, atau antispyware. Meski ancaman ini agak sulit dideteksi karena tidak terlalu berbeda dengan aplikasi pada umumnya.

Update Browser

Apa hubungan browser dengan ancaman ini ? Ancaman Spectre ternyata juga mampu mengeksploitasi Javascript yang biasa digunakan oleh browser. Jadi, pengguna internet juga harus memperbarui web browsernya ke versi terbaru agar terhindar dari ancaman Spectre. Beberapa browser populer seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox tengah menyiapkan versi terbarunya yang sudah menyertakan proteksi ancaman ini.

Update Driver dan BIOS

Setiap produsen hardware pasti menyediakan driver untuk mengoptimalkan kinerjanya. Dengan mengupdate driver, semua kesalahan perangkat seperti error, bug, atau celah keamanan dapat diatasi. Serupa dengan driver, produsen motherboard juga menyediakan BIOS versi terbaru untuk memperbaiki dan mengoptimalkan kinerja sistem.

Baca juga : Pentingnya Update UEFI/BIOS Komputer
Guna mencegah ancaman Meltdown dan Spectre, update driver dan BIOS wajib dilakukan. Ini mengingat ancaman tersebut disebabkan oleh fungsi pada hardware yaitu processor.

Itulah beberapa cara paling mudah untuk mengatasi ancaman Meltdown dan Spectre. Update merupakan cara paling mudah yang dapat dilakukan oleh banyak orang termasuk pengguna awam. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment