Inilah Spesifikasi PC Gaming Standar Tahun 2017

Komputer sebagai salah satu media hiburan pasti dapat menjalankan berbagai macam sport modern. Namun, tentu tidak semua komputer dapat menjalankan sport-sport tersebut. Hanya komputer dengan label "gaming" atau memiliki spesifikasi yang sesuai kebutuhan sport yang dapat menjalankannya. Memang, sport-sport PC modern memiliki berbagai fitur yang dapat memanjakan para pemainnya. Untuk dapat menikmati fitur-fitur sport tersebut, tentu membutuhkan perangkat komputer yang memadai sehingga dapat memberikan pengalaman bermain sport lebih seru dan menyenangkan.

Lalu, seperti apa komputer yang dapat menjalankan sport-sport modern ? Bagaimana spesifikasinya ? Dalam artikel ini, Tekno Jempol akan menjelaskan spesifikasi PC gaming standar tahun 2017. Yang dimaksud standar berarti spesifikasi mid end untuk dapat menjalankan sport secara optimal. Mengingat, kebanyakan sport PC terkini memiliki spesifikasi kebutuhan yang tidak jauh berbeda. Berikut ini penjelasannya

Spesifikasi PC Gaming Standar Tahun 2017

Processor 4 Core/Threads

Pertama, sport-sport PC modern di tahun 2017 ini setidaknya membutuhkan CPU atau processor quad center (memiliki 4 middle) atau memiliki 4 threads. Banyaknya middle/threads tentu akan membuat kinerja sport lebih optimal sehingga sportplay-nya terasa halus dan nyaman tanpa mengalami lag. Processor dengandual middle (memiliki 2 middle) sebenarnya masih dapat menjalankan beberapa sport modern seperti DOTA 2 dan PES 2017. Namun, kalau untuk menjalankan sport simulasiopenworld semacam GTA atau sport yang membutuhkan aid CPU tinggi, processor dual middle akan terasa kurang optimal.

Saat ini, banyak sportr yang melakukan aktifitas multitasking seperti bermain sport sembari live recording, live streaming, video conference, dll. Aktifitas semacam ini tentu membutuhkan CPU yang mampu menangani banyak proses atau threads. Di sini, manfaat CPU 4 middle atau lebih akan sangat terasa.

Credit : https://www.computershopper.com
Yang perlu diingat, CPU atau processor yang digunakan minimal diproduksi 3 tahun/generasi ke belakang. Sebab, jika menggunakan processor generasi lawas tentu kinerjanya jauh ketinggalan ketimbang processor generasi terbaru. Lagipula, processor 3 generasi ke belakang masih dijumpai di pasaran sehingga anda masih dapat membelinya. Processor generasi lawas pasti sudah tidak diproduksi lagi sehingga di pasaran hanya ada produk bekas. Contoh processor yang sesuai dengan spesifikasi PC gaming 2017 kali ini diantaranya

  • Intel Core generasi ke-4 (Haswell)
    • Seri Core i3*, misal Core i3-4150, 4160, 4350, 4360, dll
    • Seri Core i5, misal Core i5-4460, 4590, dll
  • AMD APU generasi ke-4 (Kaveri)
    • Seri APU A8, misal A8-7600, 7650K, dll
    • Seri APU A10, misal A10-7700K, 7800, 7850K, dll
    • Seri Athlon X4, misal Athlon X4 840, 860K, dll
  • Seri AMD FX, misal FX-8310, 8320E, 8370, dll
*) Intel Core i3 hanya memiliki 2 middle, tapi berkat teknologi HyperThreading dapat mengeksekusi 4 threads

Baca juga :

  • Daftar Processor Intel Dan AMD Terbaik 2016
  • Processor Intel dan AMD Yang Support Windows 10

GPU (Graphic Processing Unit)/VGA Card dengan dukungan DirectX 11 dan VRAM 2GB

Salah satu komponen penting yang tidak boleh ditinggalkan pada PC Gaming adalah VGA Card atau kartu grafis. Komponen inilah yang akan memproses fitur grafis dari sebuah sport menjadi tampilan yang memukau. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tampilan sport yang bagus dibutuhkan VGA Card dengan GPU berkinerja gaming optimal. Apalagi jika kebanyakan sport terkini sangat membebani perangkat grafis demi menghasilkan tampilan yang nyaman.

Pada spesifikasi PC gaming 2017 kali ini minimal dibutuhkan VGA Card yang mendukung DirectX 11 dan memiliki VRAM (Video RAM) berkapasitas 2GB. VGA Card dengan spesifikasi tersebut tentu sudah dapat menjalankan sport-sport PC modern dengan resolusi tinggi. Saat ini sudah banyak VGA Card yang telah mendukung DirectX 12 sejak hadirnya Windows 10. Namun, kebanyakan sport PC modern masih menggunakan basis DirectX 11.

Sama seperti processor, VGA Card yang dipakai setidaknya dengan GPU 3 tahun/generasi kebelakang. Alasannya kinerjanya masih tergolong memadai dan masih dapat ditemui di pasaran. Beberapa contoh GPU yang sesuai dengan spesifikasi PC gaming 2017 kali ini diantaranya

  • AMD Radeon seri 200, misal R7 265, R9 270
  • NVIDIA Geforce
    • Seri GTX 600, misal GTX 650 Ti, 660, 660 Ti, dll
    • Seri GTX 700, misal GTX 750 Ti, 760, 770, dll
Pada processor modern seperti seri Intel Core i dan AMD APU, telah dilengkapi IGP (Integrated Graphic Processing) atau processor grafik terintegrasi. IGP menjadi solusi murah daripada harus membeli kartu grafis terpisah yang biasanya dibanderol cukup mahal. Selain itu, IGP modern juga memiliki spesifikasi dan kinerja yang tidak kalah bagus dari GPU kelas low-give up. Hanya saja, IGP harus memakai VRAM dengan cara berbagi (shared) dengan memori utama (RAM). Umumnya, IGP hanya menggunakan VRAM maksimal 1GB. VRAM 1GB mungkin masih mampu digunakan untuk memainkan sport dengan resolusi sedang.

IGP pada processor modern sebenarnya mampu menghasilkan tampilansport dengan cukup bagus meski resolusinya tidak terlalu tinggi. Agar IGP dapat bekerja dengan baik, diperlukan memori RAM berkecepatan tinggi dengan sistem dual channel (kanal ganda). Sistem dual channel dapat memberikan bandwidth tinggi pada VRAM sehingga IGP mampu mencapai resolusi maksimal.

Baca juga : Daftar VGA Card Nvidia Dan AMD Terbaik 2016/2017

Memori RAM berkapasitas four-8GB

Memori RAM menjadi salah satu komponen penting penunjang kinerja PC gaming. Standar memori RAM yang digunakan untuk PC gaming 2017 minimal berkapasitas 4GB. Sebenarnya, RAM berkapasitas 4GB juga tidak dapat dikatakan cukup untuk kebutuhan gaming, mengingat beberapa sport PC modern membutuhkan lebih dari 6GB.

RAM Dual Channel. Credit : howtogeek.com
Jenis memori RAM yang digunakan minimal DDR3-1600. Jenis memori tersebut sudah mulai agak usang setelah munculnya teknologi memori DDR4. Namun, DDR3 masih sangat memadai dan masih banyak dijumpai di pasaran. Agar kinerja sport lebih bagus, memori RAM yang digunakan mesti dipasang secara dual channel. Sistem memori dual channel dapat mempercepat proses transfer data sehingga dapat meningkatkan kinerja komputer.

Mungkin anda tertarik membaca

  • Memahami Fungsi dan Cara Kerja Memori RAM Pada Komputer
  • Cara Menghitung Bandwidth Memori Pada VGA Card Modern

Hard disk berkapasitas 500GB

Beralih ke media penyimpanan, spesifikasi hard disk untuk PC gaming standar 2017 minimal berkapasitas 500GB. Game-recreation PC modern saat ini semakin "gemuk" sehingga membutuhkan penyimpanan yang luas. Hard disk berkapasitas 500GB sudah sangat cukup untuk menyimpan data sport PC modern. Namun, jika kapasitas 500GB dirasa kurang, anda juga bisa menggunakan HDD dengan kapasitas 1TB yang harganya juga tidak terlampau mahal.

Anda boleh juga menjatuhkan pilihan media penyimpanan pada SSD (Solid State Drive). SSD memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih kencang ketimbang hard disk biasa. SSD jelas dapat meningkatkan kinerja PC gaming dengan sangat optimal. Sayangnya, SSD harus ditebus dengan biaya yang cukup mahal.

Ingin tahu spesifikasi PC gaming di tahun 2018 ? Ayo cari tahu di sini...

Sistem operasi 64-bit

Jika melihat spesifikasi di atas, maka sistem operasi yang cocok untuk menjalankan PC gaming standar 2017 adalah sistem operasi 64-bit. OS 64-bit akan berjalan optimal pada processor atau kartu grafis modern dan memori RAM 4GB atau lebih. Karena kebanyakan sport PC modern dibangun untuk platform Windows, sistem operasi yang harus dipasang minimal Windows 8.1 64-bit. Meski begitu, masih banyak sport PC modern yang dapat dijalankan pada Windows generasi lama seperti Windows Vista SP2, Windows 7 SP1, atau Windows 8.

Windows 10. Credit : wikipedia
Selain Windows, sistem operasi yang dapat dipasang yakni Linux 64-bit. Hal ini berkat aplikasi distributorsport secara online, Steam yang sudah mendukung platform Linux. Hanya saja, sport untuk platform Linux tidak sebanyak sport untuk OS Windows.

Perangkat lainnya

  • Monitor dengan resolusi minimal 1024 x 768 atau ukuran layar 16". Jika ingin mendapatkan pengalaman gaming yang nyaman, disarankan menggunakan monitor dengan ukuran layar minimal 20" dan sudah mendukung sinyal digital sebab VGA Card/IGP modern kebanyakan menggunakan konektor digital untuk memaksimalkan fitur.
  • DVD-ROM untuk media instalasi sistem operasi, driver, atau aplikasi sport
  • Koneksi internet baik via LAN atau Wifi. Disarankan menggunakan koneksi internet kecepatan tinggi agar lebih mengoptimalkan sportplay khususnya pada sport online.
  • Perangkat audio standar
  • Keyboard dan mouse standar, tapi akan lebih baik jika menggunakan keyboard mekanik dan mouse gaming.
  • Motherboard, case, dan PSU (Power Supply Unit) tinggal menyesuaikan komponen di atas atau platform yang digunakan.

Jika disimpulkan, spesifikasi PC gaming standar 2017 adalah

  • CPU 4 middle/threads (disarankan rilis 3 generasi kebelakang)
  • VGA Card dengan VRAM 2 GB dan mendukung DirectX 11 (disarankan rilis 3 generasi kebelakang)
  • Memori RAM 4 GB (disarankan 8 GB)
  • Hard disk berkapasitas 500 GB
  • Monitor dengan resolusi 1024 x 768
  • Sistem operasi minimal Windows 8.1 64-bit
Spesifikasi PC di atas tidak hanya dapat digunakan untuk kebutuhan gaming saja, tapi juga untuk kebutuhan mainstream (office, surfing, dan media center) serta notebook seperti picturedesign, video manufacturing, dan content material introduction. Komputer dengan spesifikasi di atas dipastikan dapat menjalankan berbagai sport modern termasuk e-recreation dengan resolusi low-to-medium cease bahkan hingga high-give up.

Penjelasan di atas bisa menjadi panduan dan rekomendasi bagi anda yang ingin bermain sport di PC atau membeli/mengganti hardware PC yang baru. Silahkan sesuaikan spesifikasi PC gaming di atas dengan budget dan kebutuhan yang akan anda gunakan.

Bagi anda yang ingin mencoba sport PC berbasis virtual reality (VR), pastikan PC anda telah sesuai rekomendasi platform VR. Lebih lanjut mengenai PC gaming untuk VR, anda bisa membacanya pada artikel yang berjudul Inilah Spesifikasi PC Gaming Berbasis Virtual Reality (VR). Untuk PC yang digunakan sebagai tools bantuan pada pekerjaan bidang desain grafis dan editing multimedia dapat anda baca pada artikel dengan judul Inilah Spesifikasi PC Desain dan Editing Standar 2017.

Cara melihat/mengetahui spesifikasi komputer yang digunakan

  • via BIOS. Anda cukup masuk ke menu UEFI BIOS dengan menekan tombol Esc/F2/F12/Del (tergantung motherboard yang digunakan) begitu komputer dinyalakan. Pada menu utama UEFI BIOS pasti tertera informasi processor, kapasitas memori, GPU, dan hard disk.
  • via DirectX Diagnostic Tool.
    • Tekan tombol Win + R untuk membuka kotak dialog Run. Cara alternatifnya, tekan tombol Win + X kemudian pilih Run
    • Ketikkan perintah "dxdiag" (tanpa tanda petik)
    • Tekan tombol Enter
    • Pada menu utama DirectX Diagnostic Tool tertera informasi versi sistem operasi, processor, kapasitas memori, dan versi DirectX
  • via System Information
    • Tekan tombol Win + R untuk membuka kotak dialog Run. Cara alternatifnya, tekan tombol Win + X kemudian pilih Run
    • Ketikkan perintah "msinfo32" (tanpa tanda petik)
    • Tekan tombol Enter
    • Aplikasi System Information akan memberikan informasi yang lebih lengkap dan detail mengenai seluruh hardware dan software yang terpasang pada komputer

Berikut ini ada beberapa contoh produk komputer desktop dan laptop yang memiliki spesifikasi yang sama/mirip dengan spesifikasi PC gaming standar di atas

Produk Desktop SpesifikasiHarga*
Credit: Asus
ASUS K31AD
Intel® Core™ i3-4170, 4GB DDR3, NVIDIA GeForce GT720 2GB, HDD 1TB, Lan 10/100/1000Mbps, DVDRW, Card Reader, K/B + Mouse, 300W Power SupplyRp. 6000000
HP Pavilion 550-020LIntel® Core™ i5-4460, 4GB DDR3, 1TB HDD, DVD±RW, VGA AMD Radeon R5 330 2GB, WiFi, Non OSRp. 8000000
Lenovo Idea Centre 300sIntel® Core™ i3-4170, 4GB DDR3, 1TB, DVDRW, K/B + Mouse, Nvidia Geforce GT720 1GB, Wifi, LCD 18.5″, DOSRp. 7000000

Produk Laptop SpesifikasiHarga*
Credit : tokopedia
Acer Aspire E5-475G
Intel® Core™ i3-6100U, 4GB DDR4, NVIDIA GeForce GT940MX 2GB, HDD 500GB, WLAN 802.11ac, HDMI, 14.1" TFT LCDRp. 5600000
ASUS X455LJIntel® Core™ i3-5005U, 4GB DDR3, 500GB HDD, DVD±RW, VGA Nvidia Geforce GT920M 2GB, WiFiRp. 5600000
HP Pavilion 15-AB121DXAMD A10-8700P, 6GB DDR3, AMD Radeon R6 2GB, HDD 1TB, WLAN 802.11b/g/n, 15.6" WLED LCDRp. 5800000
*) harga dirangkum dari berbagai sumber.

Laptop sejatinya hanya dirancang untuk pekerjaan ringan seperti membuat dokumen/presentasi, berselancar di internet, dan media hiburan. Sebab hardware komputer laptop diciptakan menyesuaikan kebutuhannya yang tidak membutuhkan banyak aid dan nyaman untuk dibawa bepergian. Saat ini, beberapa perusahaan komputer telah menciptakan laptop dengan label "gaming" yang memang khusus dibuat untuk pekerjaan berat seperti desain grafis, editing, content material introduction, dan bermain sport high-give up.

Secara teknis, laptop juga dapat digunakan untuk bermain sport seperti halnya komputer desktop. Namun perlu diperhatikan yaitu spesifikasi laptop yang harus sesuai dengan kebutuhan sport yang dijalankan.

Banyak pengguna komputer juga yang lebih memilih merakit PC gaming sendiri daripada membeli komputer built-up. Alasannya karena ingin mendapatkan komputer dengan spesifikasi yang maksimal sesuai dengan budget dan kebutuhan mereka. Berikut ini Tekno Jempol akan memberikan contoh spesifikasi PC gaming desktoprakitan sesuai panduan di atas

KomponenProdukHarga*
ProcessorIntel Core i3-6100Rp. 1.505.000
MotherboardAsrock H110M-HDVRp. 915.000
Memori RAMPatriot Signature 1x4GB DDR4 2400Rp. 390.000
Hard diskToshiba 3.5" 1TB SATA3Rp. 575.000
VGA CardPowerColor Red Dragon RX 460 2GB GDDR5Rp. 1.370.000
Drive OptikAsus DVDRW TrayRp. 170.000
CasingVenomRX ArsenalRp. 280.000
PSUThermaltake Lite Power 450WRp. 490.000
TotalRp. 5.695.000
*) harga dirangkum dari berbagai sumber.

Untuk bisa membuat rancangan spesifikasi PC gaming rakitan seperti di atas, anda bisa membaca artikel yang berjudul Cara Membuat Rancangan Spesifikasi PC Rakitan. Setelah merakit PC gaming, ada baiknya juga melakukan beberapa pengujian singkat guna memastikan sistem dapat berjalan optimal. Pengujian yang dilakukan dapat anda baca selengkapnya pada artikel dengan judul Yang Harus Dilakukan Setelah Merakit PC Gaming.

Contoh produk komputer desktop atau laptop di atas mungkin bukan termasuk PC gaming high end. Tapi, dipastikan mampu untuk menjalankan sport-sport terkini dengan resolusi sedang. Harga PC gaming dengan spesifikasi di atas juga sengaja Tekno Jempol pilih dengan budget murah sehingga dapat dijangkau oleh banyak orang. PC gaming (baru) dengan budget 5-7 jutaan sangat wajar ditemui di berbagai toko komputer.

Semoga bermanfaat...

0 comments