Saturday, May 30, 2020

Inilah Teknologi Komputer Terbaru Di Tahun 2017

Seperti yang kita tahu, hampir tiap tahun selalu ada teknologi komputer terbaru. Di tahun 2017, beberapa pengembang hardware komputer juga akan menghadirkan teknologi terbaru mereka. Misalnya, processor saat ini sudah semakin cepat dengan teknologi manufaktur yang super canggih. Dengan adanya processor berteknologi baru diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi komputer. Ini sesuai dengan hukum Moore yang menyatakan jika kecepatan processor akan bertambah setiap 18 bulan.

Jadi, apa teknologi komputer terbaru yang akan hadir di tahun 2017 ? Berikut ini penjelasannya

Sistem Operasi Linux Ubuntu 17.04

Bagi anda pengguna Linux tentu tidak asing dengan sistem operasi Ubuntu. OS turunan Debian ini seperti pada tahun-tahun sebelumnya, akan mengeluarkan versi terbaru di tahun 2017 ini. Ya, Ubuntu 17.04. Sistem operasi Ubuntu memiliki tradisi yaitu selalu mengeluarkan versi terbaru tiap bulan April dan Oktober. Versi 17.04 menandakan tahun 2017 bulan 4 (April).

Dengan mengusung nama kode Zesty Zapus, Ubuntu 17.04 rencananya akan dirilis secara final pada 13 April 2017. Nama kode OS Ubuntu selalau terdiri dari 2 kata dengan huruf awalan yang sama. Kata pertama berupa kata sifat dan kata kedua merujuk pada nama karakter hewan. Kedua kata tentu dalam bahasa inggris. Ubuntu 17.04 hanya memiliki waktu layanan selama 9 bulan. Sesudah itu, harus upgrade ke versi LTS seperti 14.04 LTS atau 16.04 LTS. Bicara mengenai fitur, ada beberapa fitur baru yang akan disematkan dalam Ubuntu 17.04. Diantaranya

  • lingkungan desktop baru, Unity 8
  • Mengganti partisi swap dengan swap file
  • Dukungan protokol IPP untuk koneksi printer
Mau tahu Teknologi Komputer Terbaru di tahun 2018 ? Cek di sini..

Penjelasan singkat mengenai Intel Kaby Lake

Arsitektur Kaby Lake dibangun untuk menjembatani antara arsitektur sebelumnya, Skylake dengan arsitektur Cannonlake yang rencananya akan dirilis pertengahan tahun 2017. Kaby Lake sendiri merupakan versi penyempurnaan (Optimization) dari Skylake. Kaby Lake telah dirilis untuk OEM dan perangkat mobile, namun untuk platform desktop baru akan dirilis tahun 2017.

Untuk urusan fitur, Skylake dan Kaby Lake tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan karena beberapa sudah disertakan pada pada arsitektur Skylake. Diantaranya tetap menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm, penggunaan soket 1151, dan dukungan USB 3.1. Beberapa fitur baru pada arsitektur Kaby Lake diantaranya

  • peningkatan clock speed
  • chipset Intel seri 200 (Union Point)
  • peningkatan kinerja untuk grafik 3D dan 4K
  • dukungan PCI Express 3.0 hingga 24 lane
  • dukungan teknologi memori Optane/3D XPoint
  • menyertakan fitur Hyper Threading pada seri processor Pentium
Beberapa processor yang menggunakan arsitektur Kaby Lake diantaranya

  • Desktop
    • Core i7-7700, -7700K (4 middle 8 threads)
    • Core i5-7600, -7600K, -7500, -7400 (4 middle 4 threads)
    • Core i3-7300, -7350K (2 middle 4 threads)
    • Pentium G4560 (2 middle 4 threads)
  • Mobile
    • Core i3-7100U, i5-7200U, i7-7500U (2 middle 4 threads)

Mungkin anda tertarik membaca

  • Daftar Processor Intel Dan AMD Terbaik 2016
  • Processor Intel dan AMD Yang Support Windows 10

Arsitektur AMD Zen

Selain Intel, pabrikan AMD juga bakal merilis arsitektur processor x86-64 dengan teknologi baru yang diberi nama kode Zen pada tahun 2017. Arsitektur Zen akan dibangun untuk memenuhi kebutuhan kinerja komputer yang lebih cepat dan efisien dengan menghadirkan peningkatan kinerja per middle serta lebih terintegrasi pada banyak komponen sehingga tidak perlu menggunakan soketprocessor yang berbeda pada motherboard seperti halnya seri prosesor AMD sebelumnya.

Jika pada arsitektur AMD sebelumnya (Excavator) masih menggunakan teknologi fabrikasi 28 nm, Zen hadir dengan teknologi fabrikasi baru 14 nm FinFET dengan soket processor AM4. Hal ini yang akan membuat arsitektur Zen menjadi lebih hemat daya dan menghasilkan panas lebih sedikit. Untuk urusan kinerja, arsitektur Zen ditargetkan akan mengalami peningkatan hingga 40 % ketimbang arsitektur Excavator. Sebab, Zen menggunakan teknik SMT (Simultan Multi Threading) sehingga tiap middle-nya dapat mengeksekusi dua thread secara bersamaan. Teknik semacam ini telah lebih dulu digunakan oleh processor Intel sejak era Pentium 4 yang dikenal dengan fitur HT (Hyper Threading).

Selain SMT, arsitektur Zen juga dilengkapi dengan efisiensi memori cache, teknologi prediksi neural network, dan peningkatan instruksi tiap siklus clock. Arsitektur Zen akan mendukung penggunaan memori DDR4 hingga 8 channel, antarmuka NVME (Non-Volatile Memory Express) untuk media penyimpanan berkinerja tinggi, dan beberapa fitur keamanan enkripsi. Untuk produk AMD APU (Accelerated Processing Unit), akan dilengkapi dengan dukungan HBM (High Bandwidth Memory) untuk memori grafis. Zen akan hadir untuk platform desktop, laptop, server, dan workstation. Nama processor AMD yang menggunakan arsitektur Zen diantaranya

  • Ryzen (CPU Desktop)
    • Ryzen 7 1700, 1700X, dan 1800X (8 middle 16 threads)
    • Ryzen 5 1600 dan 1600X (6 middle 12 threads)
    • Ryzen 5 1400 dan 1500X (4 middle 8 threads)
Penjelasan lebih lengkap tentang processor AMD Ryzen dapat anda simak pada artikel dengan judul Begini Spesifikasi AMD Ryzen, Processor Kencang Dengan Harga Murah!

Arsitektur AMD Vega

Selain akan merilis arsitektur processor, AMD juga akan menghadirkan teknologi terbaru untuk kartu grafis yaitu GPU (Graphic Processing Unit) AMD Vega. AMD Vega diciptakan sebagai suksesor AMD Fiji pada seri kartu grafis AMD Rx 300 khususnya untuk produk berlabel "Fury". AMD Vega juga masih tetap menggunakan fabrikasi 14nm FinFET seperti seri GPU Radeon RX 400.

AMD Vega akan menggunakan arsitektur GCN (Graphic Core Next) generasi ke-empat. Selain itu, Vega juga mengadopsi teknologi memori HBM generasi 2, peningkatan IPC (Instructions per clock) dan clock speed. Arsitektur AMD Vega rencananya hadir dengan 2 versi yakni

  • Vega 10 untuk kelas excessive-quit. Arsitektur ini dilengkapi dengan 4096 stream processor yang diperkirakan menghasilkan kinerja single precision hingga 12.5 TFLOP/s. Vega 10 dibekali memori HBM2 hingga 16 GB dengan total bandwidth mencapai 512 GB/s
  • Vega 11 untuk kelas mid-end. Arsitektur ini rencananya ditujukan untuk kelas menengah menggantikan arsitektur Polaris 10 (GPU Radeon Seri RX 400)

Arsitektur Intel Cannonlake

Perusahaan Intel akan menghadirkan teknologi arsitektur processor x86-64 terbaru dengan nama kode Cannonlake yang rencananya akan dirilis pertengahan 2017. Arsitektur Cannonlake merupakan kelanjutan dari arsitektur Kaby Lake yang telah lebih dulu dirilis tahun 2016. Dalam proses fabrikasi Intel, Cannonlake masuk dalam rencana eksekusi "Proses".

Karena masuk dalam rencana "Proses", arsitektur Cannonlake akan diproduksi menggunakan teknologi fabrikasi dengan ukuran transistor 10 nm. Berbeda dengan Kaby Lake yang masih diproduksi dengan teknologi fabrikasi 14 nm karena merupakan penyempurnaan dari arsitektur sebelumnya (Skylake). Namun, Cannonlake masih akan menggunakan soket processor yang sama dengan Kaby Lake yaitu LGA 1151.

Cannonlake akan menggunakan chipset Intel seri 200 dengan nama kode Union Point. Processor Intel dengan arsitektur Cannonlake memiliki TDP (Thermal Design Power) hingga 95 W. Untuk perangkat mobile, Cannonlake membatasi TDP hingga 15 W. Diperkirakan teknologi fabrikasi 10 nm merupakan batas terkecil dalam produksi semikonduktor yang menggunakan bahan materi silikon. Kedepan, Intel akan terus mengembangkan teknologi fabrikasi yang jauh lebih canggih dengan bahan yang berbeda.

Intel Coffee Lake

Bersamaan dengan Cannonlake, Intel juga tengah berencana merilis arsitektur processor baru dengan nama kode Coffee Lake. Arsitektur ini merupakan pembenahan (optimization) kedua untuk fabrikasi 14nm. Intel berjanji untuk menghadirkan kinerja yang jauh lebih baik pada arsitektur Coffee Lake. Secara teknis, arsitektur Coffee Lake tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan arsitektur sebelumnya (Kaby Lake dan Skylake).

Rencananya, Intel akan menghadirkan processor 6 middle pertamanya dengan arsitektur ini untuk konsumen desktop mainstream. Selain itu, arsitektur Coffee Lake juga akan menyertakan chipset baru yaitu seri 300. Namun, processor Intel tersebut masih tetap menggunakan soket LGA 1151. Kemungkinan motherboard lawas yang masih menggunakanchipset seri sebelumnya (100-Skylake/200-Kaby Lake) dapat digunakan untuk processor Intel arsitektur Coffee Lake dengan syarat harus meng-update BIOS.

High End Desktop (HEDT) 2017

Tahun ini, Intel berencana akan kembali menghadirkan seri processor generasi terbaru untuk kelas fanatic atau excessive-quit. Jika sebelumnya processor untuk kelas fanatic menggunakan arsitektur Broadwell-E, kali ini Intel menggunakan arsitektur Skylake-X. Tak tangung-tanggung, processor ini akan dibekali dengan 6-12 middle ditambah fitur HyperThreading. Processor Intel tersebut rencananya akan pasarkan pada model baru seri Core i9-7000. Beberapa spesifikasi yang akan ditanamkan pada processor HEDT Skylake-X diantaranya

  • Dukungan soket terbaru LGA 2066
  • PCI Express 3.0 44 lane
  • Quad channel DDR4 2666
  • Thermal Design Power (TDP) hingga 140 W
Selain arsitektur Skylake-X, Intel juga akan merilis processor HEDT dengan arsitektur Kaby Lake-X. Namun, processor Kaby Lake-X hanya dibekali 4 middle saja dan juga mendukung soket LGA 2066. Processor ini akan dipasarkan pada seri Core i7-7000 Extreme Edition. Berikut ini spesifikasi yang akan disertakan pada processor HEDT Kabylake-X.

  • HyperThreading
  • PCI Express 3.0 16 lane (ditambah 24 lane dari chipset X299)
  • Dual Channel DDR4 2666
  • DMI 3.0 x4
  • Thermal Design Power (TDP) hingga 112 W
Chipset yang akan digunakan untuk processor HEDT ini adalah X299. Chipset X299 memiliki dukungan 10 USB 3.0, 8 SATA3, PCI Express 3.0 24 lane, dan Intel LAN. AMD sepertinya tidak mau kalah dengan Intel untuk urusan HEDT. Kali ini, AMD juga akan merilis processor arsitektur Zen versi HEDT dengan nama middle Threadripper. Tak tanggung-tanggung, processor ini akan dipersenjatai dengan 16 middle 32 threads. Selain itu, juga akan dibekali dengan dukungan memoriquad channel DDR4 dan lebih banyak lane PCI Express. Bersamaan dengan itu, AMD juga berencana akan merilis processor untuk server dengan nama Epyc (nama middle Naples). AMD Epyc memiliki spesifikasi yang luar biasa, seperti berikut ini

  • Arsitektur Zen
  • Desain SoC 32 middle 64 threads terdiri dari 4 buah chip 8 middle
  • Dukungan memori 8 channel DDR4 (16 slot)
  • Dibekali PCI Express hingga 128 lane
  • Konfigurasi 2 CPU dihubungkan dengan teknologi AMD Infinity Fabric yang mampu mengalamati memori hingga 4 TB

PCI Express 4.Zero

Saat ini, dalam berbagai merk motherboard selalu disertakan slot PCI Express. PCI Express merupakan slot pengganti PCI/PCI-X/AGP. Berbeda dengan slot sebelumnya yang menggunakan arsitektur paralel, PCI Express justru menggunakan arsitektur serial yang menghubungkan ke setiap perangkat. Slot PCI Express umumnya digunakan untuk kartu grafis eksternal dan perangkat media penyimpanan.

PCI-SIG menyatakan versi terbaru PCI Express 4.Zero akan hadir setidaknya di tahun 2017. Kali ini PCI Express mampu menangani bandwidth data hingga 16 GT/s, dua kali lipat dari versi sebelumnya. 3.0. PCI Express 4.Zero juga tetap akan mempertahankan kompatibilitas dengan versi sebelumnya baik pada software atau antarmuka mekanis.

Itulah beberapa teknologi komputer terbaru yang akan hadir di tahun 2017. Sekarang saatnya anda bersiap untuk menyambut teknologi tersebut di pasaran. Kedepan, pasti akan muncul teknologi komputer terbaru yang jauh lebih canggih. Jangan lupa untuk terus mengupdate pengetahuan anda tentang teknologi komputer terbaru dan tercanggih dengan cara mengunjungi website-website atau membaca majalah komputer.

No comments:

Post a Comment