Saturday, May 16, 2020

Mengembalikan Akun Media Sosial Yang Dibajak

Credit : blog.avira.com
Mungkin anda pernah mengalami saat akun media sosialnya tiba-tiba melakukan aktifitas yang tak terduga seperti memposting hal yang aneh, mengirim pesan tertentu, pengaturan berubah dangan sendirinya, dan bahkan sampai mengubah identitas. Atau tiba-tiba akun media sosial tidak dapat dibuka meski username dan password yang dimasukkan sudah benar. Itu merupakan gejala awal akun media sosial anda telah di-hack atau dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa cara mengembalikan dan memulihkan akun media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dll) yang dibajak orang.

Segera ganti password akun anda jika masih bisa login

Orang yang membajak akun media sosial anda sudah pasti mengetahui passwordnya. Jadi dengan mengganti password akun, si pelaku tidak akan dapat melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Ciri-ciri password yang aman diantaranya

  1. memiliki kombinasi huruf, angka, simbol, huruf kapital dan huruf kecil
  2. minimal terdiri dari 8 karakter
  3. hanya diketahui oleh pemilik akun

Reset password akun

Jika sudah tidak dapat melakukan login, maka yang harus dilakukan adalah mereset password yang sudah dibajak. Caranya, gunakan fitur "Forget Password" atau "Lupa password/kata sandi" yang telah disediakan pada halamanshape login. Admin akan meminta e-mail yang biasa digunakan dan akan mengirimkan petunjuk penggantian password baru untuk akun anda.

credit : orzzzz.com
Jika masih tidak bisa login karena e-mail sudah diganti, segera laporkan pada admin media sosial yang digunakan (biasanya di bagian Help & Support). Tujuannya agar admin dapat segera menonaktifkan atau memblokir akun yang bermasalah tersebut agar tidak digunakan sembarangan oleh pelaku. Cara di atas juga dapat diterapkan pada akun e-mail dan game online seperti akun Google/Gmail.

Sebagai bentuk pengamanan diri, berhati-hati saat menggunakan media sosial mutlak diperlukan. Jika tidak, kejahatan dunia maya seperti pencurian identitas, pencemaran nama baik dapat terjadi pada diri kita. Gunakan media sosial dengan bijak dan baik agar terhindar dari pembajakan akun.

No comments:

Post a Comment