Wednesday, May 20, 2020

Mudahnya Download Video Youtube Dengan Aplikasi Tubemate

Dari sekian video dalam Youtube, mungkin ada beberapa yang ingin kamu simpan sebagai referensi. Misal video tutorial menarik atau bahkan video vlog cewek cantik, ckckck. Untungnya, aplikasi Youtube dalam Android sudah menyertakan fitur down load video lewat handphone sehingga kamu dapat mengunduhnya secara langsung. Kamu juga dapat memutar video tersebut secara offline jadi tidak perlu menghabiskan kuota untuk streaming.

Baca juga :Begini Cara Mudah Download Video Youtube Langsung Lewat Browser
Sayangnya, video yang sudah diunduh hanya dapat diputar melalui aplikasi Youtube dalam phone saja. Selain itu, video tersebut juga tidak dapat ditransfer ke media lain. Hal ini mungkin bertujuan untuk menghindari penyalagunaan hak cipta video. Jika terjadi masalah pada phone Android kamu, bukan tidak mungkin video Youtube tersebut dapat hilang.

Kalian dapat menggunakan aplikasi Android yang bernama Tubemate. Dengan aplikasi Tubemate, kamu tidak hanya dapat men-down load video di Youtube saja, tapi juga menyimpan atau mentransfer ke media lain. Dengan begitu, video-video yang unik dan menarik bisa ditonton pada banyak perangkat seperti PC/Laptop.

Berikut ini cara mengunduh video Youtube dengan aplikasi Tubemate

Pertama, unduh dan deploy aplikasi Tubemate

Aplikasi Tubemate ini tidak tersedia dalam layanan Google Play Store. Oleh karena itu, kamu harus mengunduh file APK secara manual lewat browser seperti Google Chrome, UC Browser, atau Opera. File APK aplikasi Tubemate hanya beberapa MB saja dan yang pasti gratis. Kamu dapat men-down load aplikasi Tubemate di sini. Setelah itu, jangan lupa untuk menginstal aplikasi tersebut.

Baca juga :Begini Cara Mempercepat Koneksi Internet Dan Proses Download Pada UC Browser

Cara down load video Youtube di Android dengan mudah pakai Tubemate

  • Buka aplikasi Tubemate
  • Secara default, aplikasi Tubemate akan menampilkan halaman web Youtube. FYI (For your information), selain Youtube, Tubemate juga mendukung layanan video sharing lain seperti DailyMotion, Vimeo, Metacafe, dll.

  • Setelah halaman web Youtube tampil, kamu bisa memilih video-video yang diinginkan. Tampilannya pun tidak jauh berbeda dengan aplikasi Youtube pada umumnya. Tubemate juga dilengkapi media player untuk memutar video yang dipilih.
  • Untuk mengunduh video, tap ikon Download (tanda panah ke bawah warna hijau) di bagian atas video
  • Aplikasi akan menampilkan pilihan resolusi video dan ukuran file video. Semakin tinggi resolusi video, semakin besar ukuran file yang akan diunduh. Pilih resolusi yang menurut kamu tidak terlalu tinggi agar tidak banyak memakan kuota internet.

  • Selain video, Tubemate juga dapat mengunduh versi audio (suara). Namun, kamu harus menginstal codec audio secara terpisah
  • Tap tombol Download
  • Tunggu hingga proses down load selesai

Video Youtube yang telah selesai diunduh dapat kamu lihat lewat menu Download List pada aplikasi Tubemate. Video tersebut tersimpan pada folder Video dalam File Manager. Setelah itu, kamu dapat menonton video tersebut secara offline melalui phone, PC/laptop atau media lain. Sebagai catatan, ada beberapa video Youtube yang mungkin tidak dapat diunduh oleh Tubemate. Hal ini disebabkan karena video tersebut telah dilindungi hak cipta.

Baca juga : Begini Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Video Youtube

Terakhir, saran dari Tekno Jempol, video Youtube yang diunduh melalui aplikasi Tubemate sebaiknya hanya untuk konsumsi atau referensi pribadi dan tidak untuk bahan komersialisasi. Video yang kamu down load mungkin telah terikat hak cipta.

Jika ingin menggunakan untuk kepentingan komersialisasi, sebaiknya meminta izin pada pencipta video tersebut. Patuhi aturan hak cipta, hargai karya kreatif orang lain, dan jauhi pembajakan....!

Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment