Terbukti! Ini Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Smartphone Android

Salah satu yang bisa jadi kendala dalam koneksi net yaitu kecepatan. Jika koneksi lancar (dan cepat) tentu fungsi komunikasi jadi semakin baik dan nyaman. Sebaliknya, jika koneksi internet pada smartphone Android lambat atau terputus-putus, tentu akan mengganggu kenyamanan dan produktifitas. Apalagi jika kalian rutin surfing internet atau sekedar main di media sosial.

Itulah alasan cellphone Android membutuhkan koneksi internet yang cepat. Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mempercepat koneksi internet pada smartphone Android ? Jawabannya bisa kalian baca lewat penjelasan Tekno Jempol berikut ini

Baca juga : Cara cek sinyal di area tempat tinggal
Sebelumnya, kalian tidak perlu melakukan root pada smartphone. Kalian juga tidak perlu mengunduh script atau aplikasi khusus untuk mempercepat koneksi internet. Di sini hanya perlu menggunakan fitur-fitur yang sudah ada dalam smartphone kalian.

Pastikan berada di wilayah yang terjangkau sinyal jaringan operator seluler

Penting, jika ingin koneksi internet pada phone Android lancar, kalian harus berada di vicinity yang terjangkau sinyal jaringan operatir seluler. Misalnya di sini Telkomsel, Indosat, XL, atau Smartfren. Bila berada diluar wilayah jangkauan sinyal jaringan operator, bisa dipastikan kalian tidak akan mendapatkan koneksi internet dan bahkan kalian akan kesulitan mendapatkan layanan selular lain dari operator.

Untuk mengetahui jangkauan sinyal operator sangat mudah. Kalian cukup melihat ikon notifikasi sinyal pada OS Android. Jika baris sinyal terlihat penuh atau hampir penuh, berarti smartphone tersebut sudah terjangkau jaringan operator. Tapi jika baris sinyal terlihat sedikit, ada baiknya kalian pindah ke place yang lebih terbuka seperti halaman, lapangan, atau balkon. Biasanya, sinyal operator lebih mudah ditangkap di place yang tidak banyak penghalang semisal bangunan tinggi, pohon, dan tiang.

Sebaiknya juga kalian menggunakan system Android dalam posisi yang tidak banyak bergerak. Tujuannya agar sinyal yang ditangkap lebih stabil sehingga koneksi internetnya lebih bagus. Jika menggunakan telephone dalam posisi berjalan, mungkin sinyal yang kalian dapat akan terasa naik turun dan koneksi internetnya tidak stabil.

Baca juga : Begini Cara Mempercepat Koneksi Internet Dan Proses Download Pada UC Browser

Gunakan jaringan selular yang paling tinggi/terbaru/canggih

Jaringan selular generasi terbaru tentu menawarkan koneksi data dengan kecepatan tinggi. Saat ini, umumnya smartphone Android sudah mendukung standar jaringan selular modern seperti 4G LTE atau 4G LTE Advanced. Secara teori, jaringan selular 4G mampu mencapai kecepatan download 100-1000 Mbit/s dan upload 50-500 Mbit/s. Jika smartphone kalian sudah mendukung jaringan 4G, sebaiknya diaktifkan saja. Namun, pastikan sinyal operator selular yang dipakai juga mendukung jaringan tersebut.

Selain jaringan 4G, ternyata banyak juga telephone yang masih menggunakan jaringan generasi lama seperti three.5G (HSPA/HSPA ) dan 3G (UMTS/WCDMA). Jika sinyal operator di wilayah kalian masih menggukana jaringan 3.5G/3G, maka atur smartphone untuk menggunakan jaringan tersebut.

Perlu diketahui, di negara Indonesia ini, infrastruktur internetnya makin berkembang. Mengingat wilayahnya yang berupa kepulauan, tentu ada daerah yang sudah dapat menikmati teknologi 4G, 3.5G atau 3G. Namun, ada pula daerah yang hanya terjangkau jaringan selular generasi lawas semisal 2G (GSM/GPRS/EDGE). Kita berharap semoga pemerintah dan penyedia layanan internet segera membangun infrastruktur IT secara merata agar layanan net dapat dinikmati oleh semua masyarakat.

Baca juga : 6 Cara Menghemat Baterai Pada Gadget Biar Tahan Lama

Tidak jauh dari pusat wifi/hotspot/access point atau mode tethering

Apabila tidak menggunakan koneksi data pada smartphone, kalian masih bisa tersambung pada hotspot atau jaringan wifi. Jaringan ini dapat kalian temui pada tempat-tempat umum seperti kantor, mall, pusat hiburan, kafe, dan lain sebagainya. Biasanya, layanan internet pada tempat tersebut tidak dipungut biaya (gratis).

Hanya saja, jika kalian menggunakan koneksi tersebut, sebaiknya berada pada jarak 10-50 meter dari pusat wifi. Sebab, pada jarak tersebut sinyal masih terasa stabil dan kemungkinan koneksi net juga lebih bagus. Jika berada lebih dari 50 meter, mungkin sinyalnya tidak akan stabil.

Baca juga : Tips Aman Menggunakan Wifi di Tempat Umum

Matikan fitur penghemat baterai (jika ada)

Pada beberapa smartphone Android telah dilengkapi dengan fitur penghemat baterai. Fitur ini berfungsi untuk menghemat penggunaan daya baterai terutama saat dayanya akan habis. Penghemat baterai akan bekerja dengan cara menurunkan fungsi kerja Android termasuk jaringan selular agar tidak terlalu banyak menghabiskan daya baterai.

Oleh karena itu, agar mendapatkan koneksi internet yang kencang, pastikan baterai smartphone Android kalian sudah terisi. Kalian juga bisa menggunakan electricity p.C. Atau strength bank jika baterai telephone hampir habis dan tidak menemukan kontak listrik.

Baca juga : Inilah 10 HP Android Dengan Daya Tahan Baterai Super Lama

Aktifkan fitur penghemat information (jika ada)

Berbeda dengan penghemat baterai, kalau fitur penghemat data/kuota justru harus diaktifkan. Fitur ini akan melakukan penghematan berupa kompresi data saat akan dimuat. Data yang sudah dikompresi akan lebih mudah dan cepat untuk dimuat sehingga tidak membebani koneksi internet.

Fitur penghemat facts dapat ditemui di beberapa aplikasi internet browser seperti UC Browser dan Google Chrome. Bagi kalian pengguna aplikasi ini, sebaiknya segera aktifkan fitur penghemat information. Selain menghemat facts, fitur ini juga dapat menghemat kuota karena tidak membebani bandwidth.

Baca juga :Begini Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Video Youtube

Gunakan layanan net yang memadai

Umumnya, operator selular menawarkan layanan internet dalam beberapa paket tertentu. Sebelum memutuskan menggunakan paket tersebut, kalian wajib membaca ketentuan, spesifikasi, atau persyaratan dengan seksama. Jika salah memilih paket internet, tentu kalian akan menanggung resikonya.

Saran dari Tekno Jempol, gunakan paket net yang sesuai dengan kondisi phone dan finances yang kalian miliki. Jika punya biaya lebih dan telephone canggih, kalian bisa berlangganan paket internet dengan layanan top rate. Tentunya pada layanan top rate menawarkan fitur yang lebih baik daripada layanan standar.

Satu lagi, jika kalian mengalami kendala saat menggunakan layanan internet tersebut, jangan segan-segan untuk menghubungi customer service yang tersedia. Hal ini juga untuk memastikan agar tetap mendapatkan layanan koneksi internet yang prima. Laporan masalah tersebut akan membuat operator selular untuk terus menjaga agar kualitas layanan dan jaringannya tetap most excellent.

Tidak membagi koneksi net terlalu banyak

Terakhir, prioritaskan koneksi internet pada satu aplikasi agar lebih stabil dan produktif. Jika dianalogikan, sebuah jalan yang ramai akan membuat kendaraan tidak bisa ngebut. Sebaliknya, jalanan yang lengang dapat digunakan untuk memacu kendaraan hingga kecepatan tinggi.

Untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat dan stabil, sebaiknya tutup aplikasi on-line yang tidak diperlukan. Misal, jika ingin streaming Youtube, sebaiknya aplikasi browser/chat dimatikan. Atau jika ingin mengunduh file besar, sebaiknya tidak sambil melakukan penggilan video.

Sebetulnya, kalian juga bisa melakukan 2 pekerjaan bersama pada telephone seperti bermain sport on line dan streaming Youtube. Namun, kalian mungkin tidak akan mendapatkan koneksi yang stabil.

Perlu diperhatikan pula, jaringan operator seluler juga dapat mempengaruhi kualitas koneksi net. Semakin banyak aktifitas dalam jaringan operator, maka layanan seluler seperti koneksi net bisa jadi melambat atau lemot. Cara mengatasi jaringan operator seluler yang lemot tentu sudah diluar urusan pengguna. Kita hanya bisa meminta operator untuk segera memperbaiki perangkat jaringan selular agar mampu menangani banyaknya aktifitas pengguna.

Baca juga :Cara Ampuh Mengatasi HP Lemot, Cocok Buat Android dan iPhone
Cara di atas dapat kalian terapkan pada semua smartphone Android. Kalian juga bisa mengaplikasikan cara di atas pada IPhone atau smartphone platform yang lain. Silahkan mencoba cara di atas dan semoga bermanfaat...

0 comments