Trik Merawat Hard Disk Komputer Agar Awet dan Gak Gampang Rusak

Ada beberapa jenis media penyimpanan dalam PC desktop atau laptop. Diantaranya yaitu hard disk. Hard disk adalah perangkat penyimpanan yang sudah digunakan sejak era komputer modern dimulai. Hard disk bekerja dengan sistem mekanik dan memakai piringan (disk) magnetik untuk menyimpan data.

Jika dilihat dari cara kerjanya, difficult disk menjadi sangat rentan mengalami kerusakan jika kalian menggunakannya dengan sembarangan. Apalagi jika digunakan secara cellular seperti pada tough disk laptop atau difficult disk eksternal. Oleh karena itu, hard disk harus digunakan dengan hati-hati agar tetap dapat bekerja most excellent.

Dalam artikel ini, Tekno Jempol akan membagikan hints dan trik merawat hard disk agar tetap awet serta tidak mudah rusak

Trik ini dapat kalian terapkan pada semua jenis hard disk baik itu pada PC desktop (3.5"), laptop (2.5"), server, atau hard disk eksternal. Berikut ini triknya

Pastikan terhindar dari benturan atau guncangan

Karena bekerja secara mekanik, hard disk sangat sensitif dengan tekanan dari luar seperti benturan atau guncangan. Jika hard disk mengalami benturan atau guncangan, dikhawatirkan akan mempengaruhi komponen di dalamnya. Bukan tidak mungkin, guncangan atau benturan tersebut akan merusak komponen di dalamnya sehingga hard disk mengalami kegagalan saat beroperasi. Yang paling berbahaya yaitu hard disk tidak terdeteksi atau tidak terbaca oleh sistem.

Oleh karena itu, pastikan difficult disk terpasang dengan benar dan pas untuk mengurangi resiko guncangan. Jika kalian menggunakan pc atau hard disk eksternal, tempatkan pada sadly yang kuat dan tidak mudah goyang. Jangan lupa menggunakan wadah atau tas khusus jika ingin membawa pc saat berpergian.

Buat partisi pada difficult disk

Sebelum membuat partisi pada hard disk, kalian bisa baca artikel dengan judul Yuk, Pahami Dasar Partisi Pada Hard disk

Jangan lupa shut down/eject/correctly cast off setelah selesai digunakan

Hard disk juga perangkat elektronik yang kadang sensitif dengan aliran listrik. Jika kalian sudah selesai menggunakan komputer, ada baiknya mematikan melalui proses shut down yang benar. Hal ini bertujuan agar aliran listrik semua komponen PC termasuk hard disk dapat dihilangkan tanpa merusak komponen eletronik di dalamnya. Penggunaaan tombol on/off secara paksa dapat berakibat kerusakan komponen PC secara elektrik.

Baca juga : Tips Memperpanjang Usia SSD Agar Awet Dan Tetap Optimal
Begitu pula pada hard disk ekseternal yang umumnya menggunakan konektor USB. Pastikan kalian menggunakan fitur eject atau correctly cast off agar hard disk eksternal tersebut dapat dilepaskan dengan aman. Biasanyanya, hard disk eksternal boleh dilepas setelah lampu LED notifikasinya tidak berkedip lagi (mati).

Gunakan daya listrik yang stabil

Untuk kalian yang menggunakan komputer desktop, sebaiknya memakai PSU (Power Supply Unit) yang bagus. Tujuaanya agar daya listrik yang dialirkan lebih stabil. Dengan begitu komponen vital pada komputer terutama hard disk tentu akan lebih tahan lama. Bila ingin lebih aman, kalian dapat menggunakan UPS (Uninterruptable Power Supply) demi menghindari cut off tiba-tiba saat listrik padam.

Lakukan defrag hard disk secara rutin

Data yang diakses dalam hard disk bisa dari berbagai blok lokasi. Hard disk bisa saja menulis sebuah file di blok lokasi yang berbeda-beda. Saat file tersebut diakses, akan membutuhkan waktu karena harus mencari di banyak lokasi. Oleh karena itu, hard disk harus rutin dilakukan defragmentasi. Defragmentasi merupakan proses penulisan ulang data pada lokasi yang sama/berdekatan dengan tujuan mempercepat akses.

Jika menggunakan hard disk sebagai penyimpanan utama, kalian wajib melakukan defrag hard disk setidaknya sebulan sekali. Hitung-hitung untuk upkeep hard disk juga. Untuk lebih jelasnya tentang upkeep hard disk atau PC, kalian bisa mampir ke artikel dengan judul Cara Merawat Komputer Windows Dengan Mudah Agar Kinerjanya Tetap Optimal

Bersihkan dari file-file sampah atau information/aplikasi yang tidak digunakan

Seringkali saat bekerja di depan PC, kita tidak menyadari jika hard disk juga akan dipenuhi dengan data-data yang tidak berfaedah seperti history browsing, cache program, file temporary, hingga aplikasi yang tidak digunakan. Data-data "sampah" semacam ini jika terus dibiarkan akan semakin menyesaki ruang hard disk.

Lakukan pembersihan setidaknya sebulan sekali agar penggunaan ruang hard disk tetap efisien. Sudah banyak aplikasi tools untuk membersihkan hard disk diantaranya CCleaner.Membersihkan dengan aplikasi CCleaner relatif mudah dan ampuh.

Itulah beberapa trik dalam merawat difficult disk pada komputer. Silahkan mencoba trik di atas agar difficult disk kalian tetap awet dan tidak gampang rusak. Semoga bermanfaat...

0 comments