3 Manfaat Smartphone Yang Belum Banyak Diketahui

Sayangnya, kebanyakan pengguna cellphone hanya menggunakannya untuk aktifitas dalam media sosial saja. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Wajar jika aplikasi media sosial semacam Facebook, Twitter, Instagram, atau Path memiliki pengguna yang cukup banyak dengan rate pemakaian yang sangat tinggi. Memang, salah satu tujuan adanya cellphone yaitu memudahkan akses internet.

Sebenarnya, cellphone juga dapat memberikan manfaat yang jauh lebih banyak dari hanya sekedar untuk aktifitas browsing atau bermain media sosial. Dengan memanfaatkan cellphone dengan baik dan bijak, kita dapat meningkatkan produktifitas dalam pekerjaan atau belajar. Kali ini, Tekno Jempol akan membahas manfaat cellphone yang belum banyak diketahui khususnya untuk dapat memaksimalkan penggunaan cellphone dalam bekerja atau belajar.

Mengatur Jadwal Kegiatan

Untuk kalian yang punya segudang kesibukan atau jadwal yang padat, memanfaatkan aplikasi kalender pada cellphone bisa jadi solusi ampuh. Kita dapat mengatur jadwal acara, membuat alarm atau pengingat, dan membuat jadwal bersama.

Beberapa aplikasi kalender juga dapat digunakan untuk sharing jadwal. Jadwal cukup dimasukkan oleh seseorang, banyak orang dapat mengetahuinya. Ini sangat bermanfaat untuk mereka yang beraktifitas secara kelompok semisal dalam perkuliahan. Ketua kelas dapat memasukkan jadwal ujian atau info dosen tidak masuk, maka kalender anggota kelas dapat mensinkronkan dengan info tersebut. Satu hal yang sering terlupakan dalam aplikasi kalender yaitu fitur Reminder atau Alarm. Banyak orang yang lupa untuk mengatur pengingat jadwal acaranya. Akibatnya, tidak sedikit orang yang terlambat, tidak tahu, atau bahkan terlupakan jika ada acara penting.

Mungkin anda tertarik membaca

  • 6 Cara Menghemat Baterai Pada Gadget Biar Tahan Lama
  • Tidur di Samping HP, Bahaya ?

Sinkronisasi dan Backup Data

Cloud merupakan aplikasi untuk menghubungkan dengan layanan media penyimpanan secara on-line. Aplikasi media penyimpanan cloud yang umum digunakan biasanya DropBox, Google Drive, iCloud, dll. Salah satu manfaat dari cloud adalah untuk backup data. Namun, kebanyakan pengguna cellphone menggunakan fitur cloud untuk membackup foto dari ponsel mereka.

Selain backup data, masih ada kegunaan lain dari fitur cloud yang tentu dapat mengoptimalkan pekerjaan kita

  • Sinkronisasi information
Dengan menyimpan data dalam media cloud, mobilitas data menjadi sangat tinggi. Data kita dapat diakses di berbagai tempat dan perangkat. Data yang tersimpan juga relatif aman sehingga kita tidak perlu khawatir jika kita kehilangan data.

  • Backup data
Backup adalah kebutuhan penting untuk kalian yang sering beraktivitas dengan banyak data. Backup data dapat juga dilakukan secara konvensional seperti menggunakan difficult disk, flash drive, CD/DVD, atau kartu memori. Namun cara seperti ini cukup rentan karena perangkat tersebut mudah rusak atau hilang. Dengan adanya media cloud, data kita menjadi lebih aman dan mudah diakses cukup dengan koneksi internet.

  • Mobilitas tinggi
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, data dalam media cloud menjadi lebih mudah diakses. Jika tidak ada PC atau laptop, data dapat diakses dengan menggunakan cellphone. Data juga dapat diedit bersama sehingga sinkronisasi menjadi lebih optimal.

Alat Bantu Presentasi

Pernahkah kalian melakukan presentasi sendirian di depan ? Agak ribet jika harus presentasi sambil mengoperasikan laptop ? Kini telah banyak aplikasi yang dapat membantu kalian untuk presentasi dengan mudah. Aplikasi tersebut dapat menghubungkan cellphone dengan laptop sehingga kalian cukup menggunakannya untuk mengganti atau memberikan spotlight pada slide.

Itulah beberapa manfaat dari cellphone yang belum banyak digunakan. Kalian yang sering menggunakan cellphone dapat share manfaatnya yang lain pada kotak komentar di bawah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba...

0 comments