Pengertian Dan Perbedaan Berbagai Jenis Monitor Komputer

Monitor CRT. Credit : perangkatkeras.net
Monitor dapat dibedakan menjadi beberapa tipe. Jika dilihat dari segi tampilan layar, ada dua jenis monitor yaitu CRT (Cathode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display). Monitor CRT atau biasa dikenal dengan monitor tabung merupakan monitor yang layar tampilannya tersusun dari tabung sinar katoda. Monitor tipe ini memiliki ukuran besar sehingga membutuhkan ruang penempatan yang lebih banyak. Monitor CRT memiliki kelebihan seperti harga yang murah, lebih mudah dalam perawatan, dan tampilan yang cukup bagus. Namun karena konsumsi daya listrik yang besar, menghasilkan radiasi yang cukup berbahaya, serta rentan distorsi maka monitor CRT sudah ditinggalkan.

Monitor LCD. Credit : febyrahmana.blogspot.com
Monitor LCD merupakan monitor dengan layar tampilannya tersusun dari "kristal cair" yang terpolarisasi oleh cahaya. Berbeda dengan monitor CRT, monitor LCD memiliki kelebihan yaitu ukuran dimensi yang jauh lebih ramping sehingga lebih menghemat ruang. Selain itu, kualitas gambar pada monitor LCD juga lebih baik dari pada monitor CRT.

Monitor LCD memiliki memiliki metode pencahayaan yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp) dan LED (Light Emitting Diode). LCD CCFL menggunakan backlight lampu neon, sedangkan LCD LED menggunakan backlight lampu LED. Umumnya, kita telah terbiasa menyebut monitor LCD yang menggunakan  CCFL dengan sebutan monitor LCD dan yang menggunakan LED dengan monitor LED.

Metode pencahayaan LED merupakan teknologi pengembangan dari CCFL. Beberapa kelebihan reveal LCD LED dibanding CCFL diantaranya

  1. Lebih hemat dalam konsumsi daya listrik
  2. Memiliki dimensi ukuran yang lebih tipis dan ringan dibanding Monitor CCFL
  3. Menghasilkan Contrast Ratio lebih tinggi
  4. Tidak mengandung merkuri, halogen, atau timbal
Sayangnya, monitor LCD memiliki kekurangan yaitu

  1. Layar yang cukup sensitif
  2. Membutuhkan perawatan ekstra
  3. Harga monitor jenis LCD/LED cukup mahal
  4. Rentan ghosting dan dead pixel
Mungkin anda tertarik membaca

  • Pengertian, Jenis, Dan Bagian-Bagian Motherboard Komputer
  • 7 Cara Merawat Komputer Windows Dengan Mudah Agar Kinerjanya Tetap Optimal
  • Berkenalan Dengan UEFI BIOS Pada PC

Perbedaan reveal dari segi penggunaannya

Monitor Standard

Dari namanya, kita sudah dapat memahami seperti apa monitor standar. Monitor standar memiliki fitur yang standar pula, tidak ada yang istimewa dan hanya berfungsi seadanya. Karena standar dan biasa-biasa saja, monitor ini harganya paling murah.

Monitor Multimedia

Berbeda dengan monitor standar, monitor jenis ini memiliki fitur tambahan. Misalnya built-in speaker dan port-port tertentu untuk konektivitas seperti HDMI, PC audio In, headphone Output, dan sebagainya untuk mendukung penggunaan konten multimedia. Biasanya, monitor multimedia mempunyai reaction instances yang standar dengan harga yang relatif terjangkau.

Terkadang batasan antara monitor standard dan monitor multimedia cukup bias. Tergantung dari sudut pandang user yang memakai. Namun ciri umum monitor multimedia biasanya terletak pada speaker yang terintegrasi.

Monitor Professional

Karena memang ditujukan untuk penggunaan profesional seperti editing dan desain, monitor jenis ini biasanya telah dikalibrasi oleh pabrik sehingga menghasilkan tampilan yang lebih bagus. Monitor profesional memiliki fitur huge gamut colour dengan mendukung lebih dari satu jenis gamut.

Umumnya, monitor saat ini memakai sRGB gamut sebagai standard umum. Karena fitur tersebut, monitor profesional memiliki respon time yang lambat. Biasanya, harga monitor profesional lebih mahal ketimbang monitor multimedia atau standar.

Monitor gaming

Monitor gaming. Credit : ign.Com
Hampir sama dengan monitor profesional, monitor gaming justru memiliki respon time yang lebih cepat. Hal ini disebabkan karena monitor gaming memiliki refresh price yang lebih tinggi bahkan dapat ditingkatkan. Monitor gaming seringkali dirancang mengikuti teknologi VGA Card modern yang mendukung fitur optimalisasi recreation. Harga monitor gaming juga terbilang mahal dari pada monitor standar atau multimedia.

0 comments