Begini Cara Menggunakan Instagram Biar Cepat Terkenal

Credit : www.usmagazine.com
Seperti halnya media sosial lainnya, Instagram juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Bedanya, jika Facebook dan Twitter menggunakan tulisan (status/twitt) sebagai media utamanya, Instagram justru menggunakan foto dan video sebagai medianya. Oleh karena itu, Instagram lebih banyak digunakan untuk mereka yang berkecimpung dibidang fotografi. Namun, banyak juga digunakan sebagai media promosi atau iklan dari brand dan perusahaan maupun online shop.

Bagi pengguna biasa seperti saya dan mungkin anda, meski bukan orang fotografi atau pemilik toko online juga dapat menggunakan Instagram. Namun, dengan beberapa trik tertentu, kita dapat memaksimalkan penggunaan Instagram. Tujuannya tak lain agar semakin “eksis” di media sosial khususnya Instagram. Syukur-syukur bisa jadi selebgram terkenal sehingga akun Instagram kita bisa jadi media endorsement yang menguntungkan. :D

Ada beberapa suggestions dan cara menggunakan Instagram terbaru pada HP Android. Berikut ini pointers serta caranya.

Update Profile

Credit : theappview.Com
Instagram menyediakan 2 hal penting dalam profil kita, hyperhyperlink dan deskripsi bio. Tuliskan deskripsi tentang diri anda se-unik dan menarik mungkin. Jangan lupa juga, gunakan profile photograph yang sesuai dengan deskripsi bio agar orang tertarik. Jika anda memiliki internet site/weblog pribadi, gunakan hyperhyperlink untuk meletakkan hyperhyperlink alamat internet site tersebut sehingga orang dapat dengan mudah mengakses internet site/weblog pribadi kita.

Photo/Video add atau unggah foto/video

Satu hal yang penting saat menggunakan Instagram yaitu gunakan foto anda sendiri saat diunggah atau di-add. Kalaupun foto tersebut berasal dari sumber lain, jangan lupa menyertakan hyperhyperlink atau point out ke akun pemilik foto tersebut. Foto yang diunggah harusnya unik dan memiliki ciri khas yang menarik. Usahakan objek utama dalam foto lebih ditonjolkan atau mengisi 2/3 bagian foto. Oleh karenanya, mungkin suatu saat anda perlu belajar fotografi supaya dapat mengambil foto yang bagus.

Credit : www.trustedreviews.com
Instagram menyediakan berbagai filter untuk memudahkan pengguna mengedit foto yang diunggah.,  Anda dapat menggunakan salah satu filter tersebut agar foto yang diunggah dapat terlihat eye-catching. Namun, gunakan filter sebaik mungkin agar foto tetep terlihat orisinil dan natural.

Saat mengungah foto, jangan lupa juga memberikan caption atau keterangan untuk foto tersebut. Caption yang menarik dan mendeskripsikan tentang foto yang diadd.

Usahakan menyertakan hashtag atau tanda pagar seunik mungkin namun tetap sesuai dengan deskripsi foto. Anda dapat googling untuk mencari hashtag yang unik dan digunakan oleh banyak orang dengan kata kunci “instagram hashtag trends”. Jangan menggunakan terlalu banyak hashtag, cukup 2-5 hashtag setiap foto.

Jika foto yang diadd berupa produk jualan, pastikan captionnya menyertakan hyperhyperlink atau informasi pembelian agar orang mudah untuk melakukan order. Selain itu, beri keterangan yang “soft selling” agar orang tertarik. Agar tidak telihat berlebihan dan mengganggu, add foto secara konstan, misal 1 foto dalam rentang waktu 1-2 jam.  Untuk video, meski cuma belasan detik yang dapat digunakan, usahakan tetap menarik. Instagram video sudah terbukti ampuh menarik banyak pengguna dari pada foto biasa. Waktu terbaik untuk add foto atau video dalam Instagram biasanya saat jam-jam santai seperti jam istirahat (11-00 s/d 13-00) dan (18.00-21.00) serta saat akhir pekan karena pada saat itu orang banyak yang sedang memegang gadgetnya.

Baca juga :
  • Ayo Laporkan Akun dan Postingan Negatif di Media Sosial!
  • 5 Aplikasi Edit Gambar Ini Bakal Bikin Fotomu Makin Kece

Interaksi dalam Instagram

Credit : metatox.Hu
Media sosial diciptakan untuk memudahkan interaksi dengan orang lain. Dalam Instagram, kita harusnya juga lebih banyak berinteraksi seperti like, remark, point out, atau follow. Usahakan selalu membalas/merespond setiap komentar dalam foto kita. Ada istilah dalam Instagram yaitu “like for like”, untuk mendapatkan “like”, kita juga harus memberikan “like”. Sesekali juga perlu point out ke salah satu komentator agar terjadi interaksi yang baik.

Untuk mendapatkan banyakfollower, sering-sering memberikan like dan komentar pada foto-foto yang populer. Selain itu, anda juga dapat meng-explore hashtag-hashtag tertentu untuk mencari pengguna yang aktif. Berikan like dan komentar pada postingan user tersebut. Cara seperti ini cukup ampuh untuk mencari teman atau follower di Instagram. Jika sudah difollow, alangkah baiknya jika kita follow back.

Tips menarik lainnya

Menghemat kuota Instagram

Instagram menggunakan foto dan video sebagai media utamanya sehingga membutuhkan koneksi internet yang cepat dengan bandwidth atau kuota yang besar agar penggunaannya optimal. Namun, saat ini khususnya di Indonesia, koneksi internet dengan kuota yang banyak masih terasa mahal. Oleh karena itu, di sini saya akan memberikan trik agar Instagram tidak menyedot bandwidth yang terlalu besar sehingga dapat menghemat kuota internet kita.

Caranya buka Options (pojok kanan atas halaman Profile). Pada bagian Settings, tap Cellular Data Use . Pilih Use Less Data. Instagram akan menggunakan kuota internet yang sedikit, namun efeknya loading foto atau video akan terasa lama.

Crossposting Instagram

Instagram juga dapat digunakan untuk crossposting pada media sosial lain seperti Facebook, Twitter, Tumblr, dan Flickr. Dengan fitur, ini foto yang diadd di Instagram, juga dapat anda lihat di halaman Facebook, Twitter, dan lainnya. Caranya, buka menu Options. Pada bagian Settings, tap Linked Accounts. Pilih salah satu media sosial yang tersedia, kemudian login pada media sosial tersebut.

Mengunci akun Instagram

Foto dan video yang kita unggah mungkin sifatnya pribadi dan hanya orang-orang atau follower tertentu yang dapat melihatnya. Oleh karena itu, akun kita perlu proteksi agar tidak sembarang orang dapat melihat semua postingan kita. Caranya, buka menu Options, Pada bagian Accounts, tap Private Account.

Itulah beberapa tips dan cara menggunakan Instagram yag baik. Tidak terlalu sulit memang, namun masih banyak orang yang belum mengerti cara menggunakan Instagram yang benar. Karena Instagram memiliki cara yang berbeda dari media sosial yang lain.

Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat...

0 comments