Friday, May 8, 2020

Teknologi Komputer Terbaru Yang Wajib Ditunggu Tahun 2019

Di tahun 2019 nanti, tentu banyak perusahaan teknologi terutama yang bergerak dibidang komputasi dan teknologi informasi yang akan mengeluarkan teknologi terbaru mereka. Tujuannya tak lain untuk memenuhi keperluan masyarakat yang kian kompleks. Dengan adanya teknologi komputer terbaru saat ini diharapkan bisa meningkatkan performa dan efisiensi ketika bekerja, belajar, ataupun untuk sarana hiburan.

Baca juga : Teknologi Komputer Terbaru Yang Akan Hadir di 2020

Berikut ini teknologi komputer terbaru yang akan hadir dan wajib ditunggu tahun 2019.

Arsitektur AMD Zen 2

Tak mau kalah dengan Intel, AMD juga berencana akan meluncurkan teknologi arsitektur terbaru yaitu Zen 2. Arsitektur Zen 2 ini rencananya akan diproduksi dengan fabrikasi 7nm oleh perusahaan TSMC. Zen 2 diharapkan memiliki peningkatan IPC dari generasi sebelumnya (Zen dan Zen+).

Zen 2 rencananya akan mengintegrasikan mitigasi keamanan Spectre. Selain fabrikasi core CPU 7nm, Zen 2 juga menggunakan I/O dengan fabrikasi 14nm. Dengan fabrikasi tersebut, kemungkinan CPU dengan arsitektur Zen 2 maksimal punya sixty four middle 128 thread.

Baca juga : Cara Mudah Mengatasi Ancaman Meltdown dan Spectre

AMD Navi

Selain Zen 2, AMD juga berencana merilis arsitektur terbaru untuk GPU Radeon. Arsitektur tersebut diberi nama kode Navi dan akan diluncurkan tahun 2019 esok. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh arsitektur Navi yaitu memori generasi terbaru.

Intel Ice Lake

Akhirnya Intel akan menggunakan teknologi manufaktur baru yaitu 10nm. Arsitektur ini akan menjadi yang pertama diproduksi dengan teknologi tersebut. Dengan mengusung core Sunny Cove, Intel akan memasukan sejumlah fitur baru dalam arsitektur ini.

Beberapa perubahan dalam arsitektur ini diantaranya

  • Peningkatan kapasitas L1 dan L2 cache
  • GPU gen 11 yang mendukung hingga 5K dan 8K
  • Instruksi AVX-512 baru
  • Dukungan standar teknologi IEEE 802.11ax

PCI Express five.0

Slot PCI Express merupakan slot pengganti PCI/PCI-X/AGP. Berbeda dengan slot sebelumnya yang menggunakan arsitektur paralel, PCI Express justru menggunakan arsitektur serial yang menghubungkan ke setiap perangkat. Slot PCI Express umumnya digunakan untuk kartu grafis eksternal dan perangkat media penyimpanan.

PCI-SIG menyatakan versi terbaru PCI Express five.0 akan hadir setidaknya di tahun 2019. Kali ini PCI Express mampu menanganibandwidth data hingga 32 GT/s, dua kali lipat dari versi sebelumnya, 4.0. PCI Express five.0 juga tetap akan mempertahankan kompatibilitas dengan versi sebelumnya baik padasoftware atau antarmuka fisik.

Next-gen DisplayPort

Jika kalian memperhatikan pada VGA card terbaru pasti ada DisplayPort. DisplayPort (DP) merupakan antarmuka tampilan virtual contemporary yang menggantikan konektor VGA (D-Hub) dan DVI. DisplayPort utamanya berfungsi untuk mentransmisikan records video digital. Namun, DP juga mampu mentransmisikan sinyal audio, facts USB, dan lain-lain.

Rencananya, versi terbaru DP ini akan menghasilkan kecepatan transfer data hingga sixty four,eight Gbit/detik. Atau sekitar dua kali lipat dari versi sebelumnya (DP 1.Four). Diharapkan DP terbaru mampu mendukung layout video 8K (7680x4320) dengan refresh price mencapai 60hz. Kemungkinan DP juga akan menggunakan metode penkodean yang lebih efisien.

Memori RAM DDR5

Saat ini, memori RAM DDR4 mulai banyak dipakai pengguna komputer. Namun beberapa waktu mendatang akan hadir teknologi memori RAM terbaru yaitu DDR5. Rencananya, JEDEC sebagai badan standarisasi teknologi memoriflash akan merilis spesifikasi memori RAM DDR5 di tahun 2019.

RAM DDR5 akan menawarkan peningkatan kinerja dengan efisiensi yang lebih baik ketimbang RAM DDR4. Teknologi DDR5 akan meningkatkan jumlahbandwidth memori RAM. Hal ini tentu akan semakin meningkatkan kinerja komputasi padaplatformserver atauclient. Selain itu, DDR5 juga akan sangat efisien dalam konsumsi daya. Dengan kecanggihan teknologi manufaktur yang ada saat ini akan membuat DDR5 dapat mencapai kapasitas memori yang jauh lebih besar.

Baca juga : Memahami Fungsi dan Cara Kerja Memori RAM Pada Komputer

IEEE 802.11ax

Kalian tentu tidak asing dengan perangkat Wifi. Tahun 2019 nanti akan dirilis perangkat WLAN dengan standar baru, IEEE 802.11ax atau WIFI-6. Teknologi ini dapat beroperasi pada spektrum sinyal 2,4 GHz dan 5 GHz dengan tambahan 1 GHz dan 7 GHz, jika tersedia.

Teknologi IEEE 802.11ax menghadirkan fitur baru yaitu OFDMA (Orthogonal Frequency-Division Multiple Access) untuk meningkatkan efisiensi spektrum secara keseluruhan. Selain itu, juga mendukung modulasi 1024-QAM untuk meningkatkan laju transmisi data. Kedua fitur tersebut mampu menawarkan kecepatan transmisi hingga 11 Gb/detik.

USB4

USB 3.0 sudah hadir satu dekade yang lalu. Kini, akan hadir versi terbaru yaitu USB4. Versi terbaru USB ini rencananya akan menggunakan protokol Thunderbolt 3. Hal ini memungkinkan USB4 akan memiliki performa bandwidth hingga 40 Gbit/s. Namun, USB4 tetap akan mendukung kompatibilitas dengan USB 3.2 dan USB 2.0.

Windows 10 1903

Update mayor ke tujuh dari Windows 10, 1903 dengan nama kode 19H1. Perubahan yang dimasukkan dalam update kali ini diantaranya

  • Light theme
  • Pemisahan pencarian dan Cortana pada taskbar
  • Windows Sandbox (tidak tersedia pada edisi Home)

Ubuntu 19.04 & 19.10

Seri terbaru sistem operasi Ubuntu 19.04 dengan nama kode Disco Dingo dirilis pada tanggal 18 April 2019. Beberapa fitur yang disertakan dalam versi ini diantaranya

  • Kernel Linux 5.0
  • Dukungan AMD Freesync
  • Enkripsi Adiantum
  • USB 3.2 dan Type-C
  • Gnome Shell 3.32

Sedangkan Ubuntu 19.10 dengan nama kode Eoan Ermine rencananya akan dirilis tanggal 17 Oktober 2019.

MacOS 10.15 Catalina

Pengguna komputer Apple mungkin akan merasakan sistem operasi MacOS terbaru tahun ini. Sebab, Apple akan merilis MacOS 10.15 dengan nama kode Catalina. Untuk pertama kalinya, MacOS 10.15 secara eksklusif hanya mendukung aplikasi 64-bit.

Untuk dapat menggunakan sistem operasi ini, kalian harus memakai iMac/iMac Pro/MacBook Air/Pro yang dirilis setidaknya tahun 2012 ke atas. Beberapa fitur yang disertakan dalam OS ini diantaranya

  • Catalyst
  • Activation Lock
  • Dedicated System Volume
  • Voice Control
  • Dukungan untuk kontroller wireless PS4 dan XBOX One
Itulah beberapa teknologi komputer terbaru yang akan hadir di tahun 2019. Sekarang saatnya anda bersiap untuk menyambut teknologi tersebut di pasaran. Kedepan, pasti akan muncul teknologi komputer terbaru yang jauh lebih canggih. Jangan lupa untuk terus mengupdate pengetahuan kalian tentang teknologi komputer terbaru dan tercanggih dengan cara mengunjungiwebsite-website atau membaca majalah komputer edisi terbaru.

No comments:

Post a Comment