Cara Aman Menggunakan Wifi di Tempat Umum

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari resiko keamanan yang dapat mengancam pengguna layanan gratisan tersebut. Tidak sedikit pengguna wifi gratis mengalami kerugian seperti kehilangan data, tersebarnya informasi pribadi hingga terinfeksi virus atau program jahat. Itu semua disebabkan karena mereka tidak peduli dengan keamanan komputernya.

Beberapa wifi atau hotspot gratis membutuhkan password tertentu untuk dapat menggunakannya. Namun, itu belum menjamin keamanan pengguna karena tidak sulit bagi orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk “masuk” dalam komputer mereka. Oleh karena itu, kita perlu melakukan beberapa cara pencegahan agar tetap aman saat menggunakan fasilitas wifi publik.

Berikut ini tips aman menggunakan wifi gratis di tempat umum

Mengganti password akun secara berkala

Tips dasar dalam mengamankan komputer yaitu mengganti password akun secara berkala. Password merupakan pertahanan paling dasar agar keamanan komputer/laptop/gadget tetap terjaga dan tidak mudah dibobol. Ciri-ciri password yang aman yaitu : Agak sepele memang, tapi mengganti password sangat dianjurkan dengan alasan keamanan. Banyak dari kita justru lupa atau bahkan meremehkan tips paling enteng ini. Penyedia layanan juga sering menyarankan untuk mengganti password secara berkala. Misalnya akun layanan perbankan, pembayaran, atau email penting.

Hindari mengakses layanan on-line yang critical

  • Hanya dapat diingat oleh pemilik akun
  • Terdiri dari kombinasi huruf, angka, simbol, huruf kapital, huruf kecil
  • Minimal 8 karakter

Bukan tidak boleh, tapi sebaiknya menghindari akses layanan crucial melalui wifi free of charge. Misalnya tidak mengakses rekening financial institution, kartu kredit, atau transaksi pembayaran jika terhubung dengan wifi publik. Hal ini dimaksudkan agar statistics-records pribadi seperti nomor rekening, password, atau nomor pin tetap aman dan tidak diketahui oleh orang lain.

Untuk mengakses layanan tersebut, mungkin lebih amannya jika menggunakan koneksi internet milik pribadi. Dengan begitu, kalian merasa aman dan nyaman serta tetap bisa mengontrol.

Rutin mengupdate software program

Saat memakai wifi dengan internet gratis, ada baiknya menggunakan software program versi terbaru. Tujuannya agar perangkat internet yang kita gunakan memiliki fasilitas atau fitur yang lebih canggih. Bug atau kegagalan sistem tidak terjadi sehingga keamanan data tetap terjaga. Selain itu, antivirus juga harus selalu up to date sehingga dapat mengenali jenis-jenis virus baru yang dapat mengancam kita setiap saat.

Mungkin anda tertarik untuk membaca

  • Cara Mengoptimalkan UC Browser Pada Android
  • Memanfaatkan Aplikasi Google App Pada Android

Gunakan Wifi Hotspot yang resmi

Kadang kala, dalam suatu tempat umum terdapat banyak jaringan wifi. Pastikan anda menggunakan fasilitas wifi yang benar-benar disediakan secara resmi oleh pengelola tempat yang dimaksud. Sebelum menggunakannya, periksa nama wifi yang disediakan di tempat anda berada. Anda boleh menanyakan nama dan password wifi kepada pengelola tempat tersebut.

Mungkin ada beberapa wifi yang tersedia namun digunakan menjebak pengguna yang mengira wifi tersebut asli. Pengguna yang tidak sadar telah tersambung padawifi yang palsu sehingga orang-orang yang tidak bertanggung jawab dapat mengancam keamanan pengguna tersebut melalui gadgetnya.

Matikan Wifi jika sudah tidak digunakan

Mungkin kadang ada orang yang lupa mematikan koneksi wifi walaupun sudah selesai digunakan. Padahal ini cukup beresiko. Diantaranya baterai cepat habis dan bisa tiba-tiba tersambung pada wifi yang tidak aman.

Gunakan aplikasi VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah aplikasi yang mampu menyembunyikan "status" pengguna saat online internet. Dengan VPN ini, alamat IP kalian tidak akan terdeteksi oleh situs web yang diakses. Singkatnya, kalian akan terlihat sebagai anonim.

Ada banyak aplikasi VPN yang tersedia, baik berbayar atau free of charge. Jika menggunakan VPN free of charge, kalian mungkin akan mendapatkan kecepatan koneksi yang sedikit lambat. Namun jika punya finances lebih, kalian bisa berlangganan VPN berbayar dengan layanan yang lebih bagus.

Mematikan fitur percentage

Fitur percentage dalam komputer dapat digunakan untuk berbagi informasi dalam satu jaringan. Namun, saat terhubung dengan jaringan umum seperti wifi sebaiknya fitur percentage dimatikan. Tujuannnya agar tidak ada orang yang mengakses informasi dalam komputer kita. Berikut ini cara untuk mematikan fitur percentage :
  • buka Control Panel
  • pilih Network and Sharing Center
  • pilih Change Advanced Sharing Settings
  • pilih Guest or Public
  • klik Turn off network discovery dan Turn off file and printer sharing
  • klik Save Changes

Mengaktifkan Firewall

Firewall merupakan fitur keamanan paling populer untuk mengawasi aktifitas dalam jaringan. Banyak sistem operasi modern saat ini yang sudah menyertakan fitur firewall. Berikut ini cara mengaktifkan fitur Firewall :

  • buka Control Panel
  • pilih System and Security
  • pilih Windows Firewall
  • klik Turn on Windows Firewall
  • klik OK

Itulah beberapa tips agar terhindar dari bahaya wifi di tempat umum. Berhati-hati dan waspada mutlak diperlukan saat menggunakan wifi di area publik. Hanya karena gratisan, jangan sampai melupakan keamanan dan privasi data milik kita.

Mendapatkan Wifi gratis di tempat umum memang menyenangkan. Tapi, lebih aman untuk tetap menggunakan koneksi net mobile dalam ponsel kalian.

Jika anda punya pendapat, opini, atau komentar tentang artikel ini, masukkan pendapat, opini atau komentar anda pada kotak komentar dibawah. Oh ya, jangan lupa klik follow Teknologi Jempolan untuk mendapatkan update artikel terbaru. Jika dirasa bermanfaat, artikel ini dapat anda bagikan pada rekan-rekan anda di media sosial. Sekian dan semoga bermanfaat...

0 comments