Tidur di Samping HP, Bahaya ?

Mungkin kita di sini ada yang memiliki kebiasaan mengoperasikan handphone Android/iPhone sebelum tidur. Sampai-sampai ada yang terlelap dengan tangan masih menggenggam HP (Handphone). Mengecek machine juga kini menjadi ritual rutin saat bangun tidur. Sadar atau tidak, kebiasaan tersebut ternyata membawa dampak negatif pada kesehatan, khususnya pada pola tidur. Berikut ini penjelasannya.

Bermainsmartphone sebelum tidur

Sebuah penelitian mengatakan kebiasaan menggunakansmartphone sebelum tidur dapat berdampak pada perubahan waktu biologis tubuh. Apalagi jika bermain HP sambil tiduran. Ini disebabkan karena gelombang cahaya dari layar ponsel dapat merangsang produksi hormon kortisol sehingga membuat tubuh menjadi lebih lama terjaga. Akibat radiasi dari layar HP, tubuh membutuhkan waktu yang lama untuk mengantuk. Anda mungkin sering atau pernah merasakan notifikasi dari machine dapat menarik perhatian meski tubuh sudah terasa lelah dan mengantuk.

Mungkin anda tertarik membaca ini

  • three Manfaat Smartphone Yang Belum Banyak Diketahui
  • Tips Menghemat Baterai Pada Gadget Biar Tahan Lama

Tidur di samping HP

Kebiasaan meletakkan handphone di dekat tempat tidur atau bahkan tidur di samping handphone juga dapat membuat otak menjadi mudah terjaga. Anda mungkin pernah mengalami tidur kurang nyenyak setelah menggunakan ponsel terlalu lama karena otak sudah terbiasa cepat merespon notifikasi, entah getaran atau bunyi pesan, panggilan, dan chat. Hal tersebut tentu berakibat waktu untuk istirahat tubuh juga menjadi berkurang.

Bagi anda yang biasa bermain handphone atau machine lainnya menjelang tidur, ada baiknya mencoba untuk mengubah tampilan smartphone dengan kecerahan yang lebih rendah agar cahaya layarnya tidak terlalu menyilaukan mata. Jadi saat akan tidur, hormon melatonin lebih banyak diproduksi agar mata lebih cepat mengantuk.

Kita mungkin menggunakan alarm untuk bangun pagi sehingga mengharuskan tidur dekat ponsel. Namun, sebelum tidur mungkin yang diaktifkan hanya alarm saja. Selebihnya, notifikasi pesan, panggilan, dll sebaiknya dimatikan agar aktifitas istirahat tidak terganggu.

Hingga saat ini, bahaya radiasi smartphone pada tubuh manusia masih terus diteliti. Penelitian badan kesehatan dunia WHO, pernah menyatakan jika akibat radiasi handphone dapat beresiko menjadi karsinogenik yang menyebabkan kanker. Namun ada pula penelitian yang menyatakan efek radiasi handphone tidak cukup kuat untuk mengubah struktur sel manusia sehingga bahaya radiasi HP terhadap kesehatan tidak terlalu mengkhawatirkan. Intinya, kita tetap harus menggunakan handphone dengan bijak. Jangan sampai menggunakan machine berlebihan karena tentu dapat mengganggu aktifitas kita sendiri.

Jika anda punya pendapat, opini, atau komentar tentang artikel ini, masukkan pendapat, opini atau komentar anda pada kotak komentar dibawah. Oh ya, jangan lupa klik follow Teknologi Jempolan untuk mendapatkan update artikel terbaru. Sekian dan semoga bermanfaat...

0 comments