Cara Mengoptimalkan UC Browser Pada Android

Browser buatan perusahaan asal China ini dapat digunakan di banyak platform seperti Android, iOS, Windows Phone, Blackberry, dan Symbian. Pengguna UC Browser juga dapat menginstallnya dalam berbagai bahasa diantaranya bahasa Inggris, Mandarin, India, Indonesia, Vietnam, dan Rusia. Pada platform Android, UC Browser tersedia dalam tiga versi yaitu UC Browser Mini, UC Browser, dan UC Browser HD. Sedangkan pada platform iOS, tersedia dalam 2 versi UC Browser+ untuk iPhone dan UC Browser+ HD untuk iPad. Kini, UC Browser juga tersedia untuk perangkat komputer dengan sistem operasi Windows.

Beberapa fitur dari UC Browser diantaranya :

Teknologi kompresi data dan akselerasi cloud

UC Browser menggunakan proxy server untuk melakukan kompresi data halaman web sebelum ditransfer ke perangkat Android consumer sehingga dapat mempercepat loading konten halaman web. Sistem akselerasicloud digunakan untuk mendistribusikan data dari server yang paling dekat sehingga proses loading halaman web menjadi lebih cepat dan halus.

Manajemen download yang lebih baik

Seperti halnya browser yang lain, UC Browser juga memberikan fitur download. UC Browser mampu menangani proses unduhan secara simultan. Selain itu juga mendukung pause dan resume pada proses download yang belum selesai. Sehingga dapat mempercepat prosesdownload pada UC Browser.

Menariknya, proses download dapat terus berjalan meski aplikasi UC Browser telah ditutup. Saat proses unduhan berjalan dan aplikasi akan ditutup, UC Browser akan meminta konfirmasi untuk tetap melanjutkan proses unduhan. Jika terjadi interupsi pada koneksi internet, proses download juga secara otomatis akan dilanjutkan kembali. UC Browser memiliki download manager yang ramah pengguna karena mampu mengatur hasil unduhan menurut tipe berkasnya dan meletakkan pada folder yang terpisah.

Baca juga :Cara Mengoptimalkan Google Chrome Browser Pada Android

Berikut ini beberapa cara mensetting dan mengoptimalkan UC Browser pada Android

Manajemen Cards(kartu)

Cards(kartu) disini semacam widget yang menampilkan informasi penting seperti berita terbaru, stay update, tren di media sosial, dan informasi menarik. Kartu berada di bawah halaman utama UC Browser. Kartu ini akan selalu diupdate selama terkoneksi dengan internet.

Untuk mengatur kartu, tap Manage Cards di bagian paling bawah halaman utama. Untuk menampilkan atau menutup cards, tap slider di samping kanan tiap cards yang diinginkan.

Manajemen UC WebApp/Webstore

UC Browser menyediakan WebApp, shortcut untuk mengakses situs atau portal web populer seperti Facebook, Twitter, portal berita, dll. Geser (ke samping kanan) halaman utama UC Browser untuk menuju halaman WebApp. Cukup tap ikon WebApp yang tersedia, maka halaman situs web akan segera terbuka tanpa perlu mengetikkan alamat situs tersebut.

UC Browser menyediakan banyak WebApp populer. Untuk menambah WebApp, faucet ikon Add (simbol ). Kita diarahkan ke UC Web Store. Pilih WebApp yang diinginkan kemudian faucet ikon Add. Untuk menghapus WebApp, tap ikon WebApp agak lama, faucet tanda silang di sudut ikon.

Anda juga dapat menyimpan suatu link halaman internet ke halaman utama UC Browser. Caranya, cukup buka halaman internet yang diinginkan, kemudian tap halaman internet tersebut agak lama. Pilih Add to Bookmarks. Pilih Speed Dial. Selain Speed Dial, anda juga dapat menyimpan ke Bookmarks atau Home Screen / layar utama Android.

Baca juga : Memanfaatkan Aplikasi Google App secara optimal

UC Browser Home Page

Pada beberapa versi, terdapat fitur Home Page pada layar utama UC Browser. Fitur ini merupakan layanan portal dari UC News. Jadi, jika anda ingin membaca berita tidak perlu membuka portal berita khusus karena UC Browser sudah menyediakannya. Cukup scroll layar utama UC Browser, portal UC News akan tampil secara penuh.

Tapi, jika anda ingin mematikan fitur Home Page ini sangat mudah.

  • Buka menu Settings/Pengaturan
  • Cari menu Pengaturan Home Page
  • Matikan dengan opsi Off

UC Webstore

Semacam fitur "toko aplikasi" untuk menambah shortcut internet site tertentu dalam UC Browser. Cukup swipe ke arah kiri. Di situ akan tampil beberapa shortcut internet site-internet site populer. Untuk menambahkannya, kalian faucet tombol plus ( ). Untuk menambah shortcut, pilih internet site yang kalian inginkan, kemudian faucet ikon plus ( ) di sampingnya.

Kustomisasi tampilan UC Browser

UC Browser juga menyediakan menu untuk melakukan kustomisasi tampilan. Diantaranya :

Night mode : berfungsi untuk merubah tampilan antarmukabrowser menjadi lebih gelap.

Themes : untuk merubah tampilan browser sesuai tema yang diinginkan. Selain tema, warna background juga dapat diganti sesuai warna yang tersedia.

Zoom dan Full Screen : untuk memperbesar atau memperkecil tampilan. Juga untuk memperbesar tampilan secara penuh. Untuk melakukan pembesaran atau mengecilkan layar tampilan, bisa juga dengan cara swipe (mengusap dengan dua jari).

Baca juga : Mengoptimalkan Google Chrome Flags pada Android

Mengaktifkan Tools penting

UC Browser memiliki beberapa Tools penting yang dapat meningkatkan kinerja serta mengoptimalkan surfing. Dalam beberapa versi UC Browser, diberi nama dengan Addons. Diantaranya yaitu

QR Scan : Untuk melakukan scan/pemindaian kode QR

Clipboard : melihat hasil copy paste yang tersimpan

Screenshot : untuk melakukan capture dari tampilan UC Browser

Facebook : mengatur penggunaan media sosial Facebook. Aktifkan Browse Facebook Faster untuk mengaktifkan mode lite sehingga loading-nya lebih cepat karena tidak memakan banyak bandwidth/kuota internet. Facebook Quick Access berfungsi untuk mengaktifkan shortcut Facebook pada menu notifikasi agar aksesnya lebih mudah tanpa harus membuka UC Browser terlebih dahulu. Facebook Notification berfungsi untuk mengaktifkan notifikasi Facebook langsung pada menu notifikasi Android, sama seperti Facebook Quick Access.

Speed Mode : Untuk mengatur modeloading dari halamaninternet site tertentu. Ada 3 mode pilihan, Lite, Mobile, dan Desktop. Mode Lite biasanya hanya berupa teks dan gambar kecil. Mode Mobile menampilkan halaman web secara lengkap namun dengan ukuran resolusi smartphone. Mode Desktop menampilkan halaman web seperti pada layar monitor komputer. Agar loading halaman web semakin cepat dan tidak menghabiskan banyak kuota internet, pilih Lite atau Mobile.

Incognito: untuk mengaktifkanprivate surfing. Dengan fitur ini, semua aktifitas di internet seperti mengunjungi halaman web dan mengunduhfiletidak akan terekam oleh UC Browser.

Find in page : berfungsi untuk mencari dan menemukan kata tertentu dalam halaman web.

UC Music : fitur baru UC Browser untuk memutar musik atau lagu. Dengan fitur ini, kalian bisa surfing sambil mendengarkan musik dalam satu aplikasi.

My Videos : fitur untuk mengatur video dan memutar video yang tersimpan pada memori penyimpanan

Mengoptimalkan setting atau pengaturan pada UC Browser

Tap menu utama (gambar tumpukan garis) di bagian bawah tengah, kemudian tap Settings (gambar roda gigi sisi kiri)

Addons

Adblock : fitur penting untuk memblokir iklan-iklan dalam suatuinternet site. Fitur ini sebaiknya diaktifkan agarsurfing lebih nyaman tanpa ada iklan yang mengganggu. Adblock juga akan membuat perangkat Android kita menjadi lebih aman dari berbagai ancaman situs berbahaya. Jika perlu, anda juga dapat mengaktifkan fungsi Powerfull Adblocker.

Baca juga : Cara Mudah Mematikan AdBlock Pada Google Chrome dan Firefox
Widget : Fitur untuk menampilkan fungsi-fungsi penting tambahan seperti pencarian, shortcut, dan lain-lain. Untuk mengaktifkannya, tap opsi UC Widget.

Customized Banner : Fitur untuk menampilkan banner informasi tambahan semacam horoskop dan cuaca. Untuk mengaktifkannya, tap opsi Allow Display

Browsing Settings

Font & Layout: aktifkanAuto Font SizedanEnhanced Layout. Fungsinya agar ukuran huruf danlayout halaman web dapat optimal sesuai ukuran layarsmartphone.

Text only : untuk menampilkan halaman web dengan hanya teks saja. Ini cocok jika jaringan atau sinyal internet sedang tidak bagus sehingga dapat mengurangi bebanbandwidthsaatloadinghalaman web.

Cloud Boost : aktifkanmobilenetwork &wifi. Fitur Cloud Boost berfungsi untuk mengaktifkan akselerasicloud sehingga dapat mempercepatloading halaman web dalam UC Browser. Dengan fitur ini, kinerja UC Browser akan terasa lebih gegas.

Preload pages : Semacam fungsi loading otomatis pada halaman web yang menggunakanpagination. Aktifkanall pagesatau semua halaman. Fitur ini dapat mempercepat waktu akses pada halaman web karena telah dimuat atau dimuat secara otomatis.

Tab Views : mengatur mekanisme saat perpindahan tabsurfing. Anda dapat memilih List view (bentuk daftar) atau Card view (bentuk kartu).

Image Quality : Fungsi untuk menentukan kualitas gambar yang dimuat oleh browser. Agar lebih optimal dan tidak menghabiskan banyak bandwidth, pilih opsi medium. Jika menggunakan koneksi internet dengan kuota bandwidth yang besar, boleh juga memilih opsi High agat gambar yang dimuat lebih bagus.

Brightness : untuk mengatur kecerahan layar saat surfing dengan aplikasi UC Browser. Lebih baik fitur ini diatur pada pilihan Auto.

Rotation : pengaturan untuk posisi layar, landscape atau potrait. Mungkin lebih baik diatur pada posisi Auto, sehingga mengikuti pengaturan layar Android.

Form and Passwords : untuk mengatur pola penyimpanan form login (consumername & passwords) pada situs tertentu. Jika untuk penggunaan pribadi, set ke Auto save.

Animations : menampilkan gambar animasi pada halaman web (biasanya pada gambar dengan format gif). Jika smartphone yang digunakan punya kinerja yang baik, fitur ini boleh diaktifkan.

Typing Assistant : mengaktifkan saran penulisan atau prediksi teks kata kunci. Fitur ini hampir sama seperti Google Suggest yang menampilkan prediksi teks saat mengetik kata kunci pencarian.

Open Link : menentukan cara membuka link atau tautan dalam halaman web. Agar lebih optimal, pilih follow page default agar browser mengikuti cara yang telah diatur dalam halaman web tersebut.

Hardware Acceleration : Akselerasihardware merupakan fitur UC Browser untuk memaksimalkan kemampuan hardware khususnya CPU dan GPU padasmartphone. Fungsi ini harus diaktifkan agar UC Browser dapat bekerja secara optimal sesuai performance perangkat smartphone yang digunakan. Sangat berguna untuk mempercepat dan mengatasi UC Browser yang terasa lemot.

Website preferences : sama seperti Speed Mode

Baca juga : Begini Cara Mudah Download Video Youtube Langsung Lewat Browser

Download settings

Default path : menentukan lokasi penyimpanan standar untuk hasil download atau unduhan

Auto reconnect : fungsi ini harus diaktifkan agar jika terjadi interupsi pada koneksi internet, browser secara otomatis terkoneksi kembali untuk melanjutkan proses unduhan sehingga dapat mempercepat download di UC Browser.

Notifications settings : mengaktifkan fungsi notifikasi pada update terbaru. Jika dirasa kurang nyaman, fungsi ini dapat dinonaktifkan

Quick Access : menyediakan fungsi penting dari UC Browser seperti pencarian cepat danshortcut ke situs-situs tertentu. Fungsi ini akan muncul pada menu notifikasi Android sehingga tidak perlu membuka UC Browser.

Clear records : berfungsi untuk membersihkan file-file temporary UC Browser secara manual seperti cookies, history, dan cache. Saat menutup aplikasi UC Browser, selalu ada pilihan clear surfing history. (Baca juga artikel dengan judulCara Menghapus Riwayat Web Browser Secara Otomatis)

Browser Language : untuk mengatur tampilan UC Browser dalam berbagai bahasa.

Search Settings : Aktifkan opsi Related search untuk menampilkan rekomendasi kata kunci yang banyak dicari pengguna

Tips menarik untuk UC Browser Android

  • Mempercepat koneksi surfing pada UC Browser
    • Buka menu Settings/Pengaturan
    • Pada Cloud Boost, centang Mobile network dan WIFI Network, kemudian tap tombol OK
    • Pada Preload Page, pilih All page
    • Aktifkan AutoPager
    • Restart aplikasi UC Browser
  • Mempercepat download pada UC Browser
    • Buka menu Settings/Pengaturan
    • Pada Cloud Boost, centang Mobile network dan WIFI Network, kemudian tap tombol OK
    • Pada submenu Browsing Settings, aktifkan Hardware Acceleration
    • Pada submenu Download Settings, aktifkan Auto Reconnect
    • Restart aplikasi UC Browser
Lebih jelasnya baca pada artikel Begini Cara Mempercepat Koneksi Internet Dan Proses Download Pada UC Browser
  • Menghemat kuota data atau bandwidth internet
    • Buka menu Settings/Pengaturan
    • Buka submenu Browsing Settings
    • Pada Image Quality, pilih medium
    • Pada Website Preferences, pilih Lite untuk semua internet site
    • Pada menu Ad Block, aktifkan Ad Blocker dan Powerful Ad Blocker
    • Menggunakan Facebook versi basic (dasar)
      • Buka menu utama
      • Slide menu ke kanan
      • Pilih Addons/Tools
      • Pilih Facebook
      • Aktifkan Browse Facebook Faster
Lebih jelasnya baca pada artikelCara Menghemat Kuota Internet Saat Browsing Dengan UC Browser
  • Mengatur notifikasi UC Browser
    • Buka menu Settings/Pengaturan
    • Buka Notification Settings
    • Atur notifikasi yang sesuai dengan keinginan anda
    • Hal yang sama dapat dilakukan untuk submenu Quick Access atau akses cepat
  • Buat UC Browser sebagai default browser
    • Buka menu Settings/Pengaturan
    • Tap Set as Default Browser
    • Tap tombol Setup
    • Centang kotak Set as default, pilih UC Browser
Itulah beberapa trik dan cara mengoptimalkan UC Browser pada Android. Masih banyak pengaturan settings di UC Browser, namun hanya yang berpengaruh secara langsung pada kinerja saja yang Tekno Jempol bahas di sini. Jangan lupa untuk selalu memperbarui aplikasi UC Browser secara rutin agar kinerjanya tetap optimal. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba...!

Referensi Tulisan

  • Wikipedia

0 comments