Memanfaatkan Aplikasi Google App Pada Android

Selain layanan internet, Google juga mengembangkan platform untuk perangkat mobile seperti phone. Namanya Android. Sama seperti layanan Google lainnya, Android kini juga menjadi platform gadget paling populer berkat pengembangan oleh banyak perusahaan. Di dalam phone Android juga dapat kita temui  aplikasi yang untuk mengakses layanan Google semisal Gmail, Play Store, Youtube, browser Chrome, dan lainnya.

Mengenal Aplikasi Google App

Tahukah jika dalam phone Android anda terdapat aplikasi Google terbaru yang cukup menarik ? Aplikasi itu juga diberi nama Google. Kegunaannya untuk mengakses berbagai informasi dengan cara yang sangat mudah tanpa harus membuka web browser. Anda dapat mencobanya dengan membuka aplikasi yang menggunakan logo Google ini. Aplikasi Google App saat ini sudah pasti ada dalam phone Android karena sistem mengharuskan pengguna untuk mendownload atau mengunduh aplikasi ini.

Dengan menggunakan Google App atau aplikasi Google ini, kita dapat mengakses berbagai informasi cukup dengan perintah suara tanpa harus melakukan banyak tap pada layar phone. Anda juga dapat memberi pertanyaan apapun yang nanti dapat dijawab oleh Google. Anda juga dapat mengakses informasi cuaca yang terupdate secara real time.

Google App ini boleh dibilang mengintegrasikan beberapa aplikasi layanan Google seperti Google Search, Google Maps, Google Trends, Google Images, Google Translate, dll. Sehingga dengan satu aplikasi saja, kita dapat menggunakannya untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat.

Secara default, Google App menyediakan fitur layanan pencarian, update informasi cuaca, dan berita hangat yang banyak dibaca. Untuk menggunakan layanan pencarian, dapat langsung mengetik kata kunci pada kotak pencarian yang telah tersedia. Menariknya, anda juga dapat menggunakan perintah suara dengan mengucapkan kata "OKE Google" lewat mic pada phone untuk melakukan pencarian.

Bergeser ke bawah, anda dapat menemukan informasi cuaca secara real time sesuai lokasi domisili anda. Informasi ini berupa widget yang dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan. Untuk mengkostumisasi widget cuaca, anda dapat melakukan tap pada pojok kanan atas kotak widget cuaca. Kostumisasi yang dapat dilakukan misalnya menyembunyikan kotak widget, mengganti unit derajat suhu cuaca, atau menyembunyikan suhu saat berada di suatu tempat.

Di bawah widget informasi cuaca, terdapat widget Trending Stories, semacam informasi berita yang sedang hangat. Google App menampilkan beberapa berita hangat dari berbagai portal berita online. Tujuannya agar pengguna Google mudah untuk membaca berita terhangat tanpa perlu mengakses portal berita satu persatu. Jika anda menggunakan bahasa Indonesia, maka berita yang ditampilkan berasal dari portal berita di Indonesia. Sama seperti widget cuaca, widget berita ini juga dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan anda.

Widget akan mengupdate secara otomatis ketika anda membuka Google App. Anda juga mengupdatenya secara manual dengan cara melakukan tap slide di bawah kotak pencarian kemudian menahannya beberapa saat. Jika dirasa ada widget yang tidak begitu penting, anda dapat menghapusnya dengan cara tap slide ke arah samping kanan layar.

Aplikasi Google App juga dapat anda kostumisasi sesuai kebutuhan. Caranya dengan melakukan tap menu pada pojok kiri atas > tap Customize.

Mengatur lokasi domisili & tempat kerja

Anda dapat mengatur lokasi domisili atau tempat tinggal anda lewat Google App. Tujuannya agar Google App dapat melakukan tracking saat anda melakukan perjalan ke suatu tempat. Pada bagian Places, tap Set Home. Masukkan alamat atau lokasi domisili anda. Google App secara otomatis merekomendasikan tempat sesuai lokasi yang dimasukkan. Anda juga dapat mengatur tempat dimana anda bekerja pada Set Work.

Menambah widget baru

Selain informasi berita dan cuaca, anda juga dapat menambah widget baru sesuai minat dan ketertarikan anda. Pada bagian In Your Stream, ada beberapa menu yang dapat anda tambahkan. Misalnya, jika menyukai dan mengikuti berita tentang suatu klub olahraga, anda cukup tap menu Sports. Tap tanda + pada pojok kanan bawah, kemudian ketik nama klub atau tim yang diinginkan. Atau bila anda mengikuti informasi saham terbaru, anda dapat menambah widget Stocks.

Baca juga

  • Cara Mengoptimalkan UC Browser Pada Android
Pada menu Transportation, anda dapat mengatur cara anda berpergian baik saat perjalan jauh atau dekat . Dengan ini, Google App dapat melakukan estimasi waktu yang dilakukan ketika menempuh suatu perjalanan. Cara yang dapat dipilih seperti bersepeda, mengendarai kendaraan, naik angkutan umum, atau berjalan kaki.

Informasi cuaca pada Google App juga dapat disesuaikan saat anda melakukan perjalanan. Tap Everything Else, ada pilihan Interested in weather update ? Anda tinggal memberikan jawaban Yes.

Selain dikostumisasi, anda juga dapat mengatur Google App. Tap menu di pojok kiri atas, kemudian tap Settings.

Mengatur bahasa untuk pencarian

Tap Search Language. Pilih bahasa yang diinginkan.

Mengatur perintah suara

Tap Voice. Jika ingin mengatur bahasa yang digunakan pilih Language (boleh lebih dari satu). Google Apl juga dapat memblokir kata-kata kasar dengan mengaktifkan Block offensive words.

Mengatur Now cards

Now cards sama seperti widget yang sudah dibahas di atas. Diberi nama Now cards karena informasi yang ditampilkan update secara real time. Anda dapat mengatur notifikasi dari masing-masing widget yang terpasang. Notifikasi ini akan tampil pada menu notifikasi Android. Jika ada widget yang tidak terlalu dibutuhkan, anda cukup mematikan notifikasinya dengan tap slide di sisi kanan.

Menu Autocomplete

Pada menu ini hanya terdapat pilihan untuk menampilkan Trending Stories atau berita hangat yang sesuai dengan daerah atau regional anda.

Menu Account & Privacy

Sebelum menggunakan aplikasi Google App ini, anda harus memiliki akun Google. Ini karena semua layanan dalam Google App ini sifatnya online yang terhubung langsung dengan server Google. Jika anda menginginkan hasil pencarian yang aman pada Google App, anda dapat mengaktifkan SafeSearch filter. Dengan begitu, hasil pencarian informasi yang anda dapat bebas dari situs-situs yang berbahaya. Secara default, Google App menggunakan situs google.co.id (domain lokal Indonesia) untuk fitur pencarian. Namun anda dapat menggantinya dengan mengaktifkan Search Google.com. Berita yang tampil dapat dibaca secara lengkap cukup dalam Google App tanpa harus membuka aplikasi web browser. Jika ingin membukanya lewat web browser, matikan pilihan Open web pages in app.

Google App juga menyediakan fitur Reminder. Cukup bermanfaat untuk anda yang memiliki banyak kesibukan sehingga perlu pengingat kegiatan. Anda tinggal menambahkan pengingat dengan tap tanda + kemudian masukan nama, tempat, dan waktu kegiatan anda. Seperti halnya aplikasi Android lainnya, aplikasi Google App ini sebaiknya selalu diupdate secara rutin agar manfaatnya lebih optimal terutama jika ada fitur-fitur baru.

Itulah beberapa cara menggunakan dan memanfaatkan aplikasi Google App pada Android. Silahkan gunakan aplikasi tersebut dengan baik dan bijak sehingga manfaatnya bisa anda rasakan. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba...!

0 comments