Mengenal Shell Script Pada Sistem Operasi Linux

#!/bin/bash

# Nama file skrip: pertama.Sh

# Skrip ini menampilkan teks menggunakan perintah echo

echo Halo dunia # mencetak teks Halo dunia Baris pertama memberitahukan sistem Linux bahwa file akan dieksekusi oleh program bernama /bin/bash. Ini merupakan lokasi standard dari Shell Bash pada banyak distribusi GNU/Linux. Pada beberapa distribusi Linux, ada perintah /bin/sh yang merupakan link simbolik ke bash. Baris pertama dari setiap skrip harus dan hanya mencantumkan

?#!/bin/bash? Atau ?#!/bin/sh?.
Baris kedua dimulai dengan simbol khusus, #. Ini menandakan baris tersebut sebagai suatu komentar. Shell akan mengabaikannya, tidak memroses komentar tersebut. Satu-satunya pengecualian adalah simbol #! yang diletakkan di baris pertama dari file skrip – seperti pada contoh di atas. Ini adalah direktif khusus. Jika anda terbiasa dengan Perl, tentu telah menjumpai adanya #!/usr/bin/perl pada baris pertama setiap skrip Perl untuk memberitahukan Shell interaktif bahwa program tersebut akan dieksekusi oleh Perl.

Pada pemrograman Shell Bash adalah #!/bin/sh. Baris ketiga menjalankan suatu perintah echo dengan dua parameter atau argumen – pertama adalah "Halo" dan kedua adalah "dunia". Perintah echo akan secara otomatis meletakkan spasi tunggal di antara parameter-parameternya. Simbol # menandakan komentar. Karakter # dan apapun yang mengikutinya, pada baris yang sama, diabaikan oleh Shell. Sekarang jalankan chmod 755 pertama.sh atau (chmod +x pertama.sh) untuk membuat file teks executable dan jalankan skrip dengan ./pertama.sh. Pada jendela Shell (terminal) terlihat sebagai berikut:

$ chmod 755 pertama.Sh

$ ./pertama.Sh

Halo dunia

Perintah echo

Apakah hanya untuk menampilkan dua kata tersebut kita harus menulis skrip? TIDAK. Anda dapat menggunakan Shell interaktif untuk memperoleh hasil yang sama. Tuliskan langsung perintah echo Halo dunia di Shell dan perhatikan luarannya:

$ echo Halo dunia

Halo dunia Sekarang buat sedikit perubahan. Pertama, ingat bahwa echo meletakkan SATU spasi antara parameter-parameternya. Tempatkan beberapa spasi antara teks "Halo" dan "dunia". Hasil seperti apa yang diharapkan? Bagaimana jika anda meletakkan karakter TAB di antaran dua kata tersebut? Bagaimana luaran dari perubahan tersebut? Output skrip sama persis dengan sebelumnya. Kita memanggil program echo dengan dua argumen; echo tidak menghiraukan berapa pun jumlah spasi di antaranya. Sekarang, coba ubah lagi skrip tersebut menjadi:

#!/bin/sh

# Ini baris komentar!

echo "Halo dunia" # Ini juga komentar Kali ini spasi yang ditambahkan tampil sebagai output. Mengapa? Karena echo dipanggil dengan hanya SATU argumen yang diapit oleh petik ganda “Halo dunia”.

Tampilan di layar tepat sama dengan yang dituliskan dalam skrip. Perlu dipahami bahwa Shell mem-parse argumen SEBELUM melewatkannya ke program yang dipanggil. Shell menghilangkan tanda petik dan melewatkan string tersebut sebagai satu argumen. Contoh kedua, masih berkaitan dengan perintah echo. Tulis skrip berikut. Perkirakan luarannya sebelum menjalankannya:

#!/bin/sh

# Nama document skrip: kedua.Sh

# Apa yang dihasilkan skrip ini?

Echo "Halo dunia " # mencetak teks Halo dunia

echo "Halo dunia "

echo "Halo * dunia "

echo Halo * dunia

echo Halo dunia

echo "Halo" dunia

echo Halo " " dunia

echo "Halo "*" dunia "

echo `halo` dunia

echo 'hello' dunia Apakah luarannya sesuai yang diharapkan? Jika tidak, jangan khawatir! Ini hanya beberapa hal yang akan dibahas pada bagian-bagian lanjut dalam panduan ini. Dan tentu anda akan belajar perintah-perintah lain yang lebih powerful daripada echo.

Program skrip sederhana untuk menampilkan daftar document yang ada di dalam direktori aktif!

  1. Buka terminal
  2. ketik nano
  3. ketikkan skrip seperti gambar di bawah
  4. simpan dengan sembarang nama pada direktori home. Berikan ekstensi .sh . Kemudian lakukan perintah seperti gambar di bawah.

0 comments