Tuesday, May 19, 2020

Begini Cara Menghapus Pesan WhatsApp (WA) Yang Salah Kirim

Kali ini, Tekno Jempol akan membahas topik yang cukup menarik yaitu tentang aplikasi WhatsApp (WA). Kamu pasti pernah kan, saat asyik chatting tiba-tiba salah ketik kemudian tidak sengaja terkirim. Bahkan kamu mungkin pernah mengirim pesan pada orang yang salah. Nah lho..!

Tenang, pesan yang salah kirim atau terlanjur terkirim masih bisa dihapus kok! Tapi masalahnya, begitu kamu menghapus pesan WA, orang yang menerima pesan masih bisa membacanya. Sebab, pesan yang dihapus cuma di smartphone milikmu saja. Duh, terus gimana ya ?

Kamu tidak perlu risau. Aplikasi WhatsApp terbaru sudah menyediakan fitur untuk menghapus pesan dua arah. Jadi, pesan yang kamu hapus, benar-benar hilang dari hapemu dan hape orang yang menerima pesan tersebut. Pesan yang dihapus gak cuma saat komunikasi japri (jaringan pribadi) tapi juga dalam grup.

Berikut ini cara menghapus pesan WhatsApp yang salah kirim atau salah ketik

  • Pilih pesan yang akan dihapus dengan cara tekan dan tahan pesan tersebut
  • Akan tampil beberapa pilihan di bagian atas aplikasi
  • Pilih Delete (ikon tong sampah) untuk menghapus
  • Maka akan tampil menu pilihan seperti screenshot di bawah ini

Kamu cukup memilih "Delete for everyone" atau Hapus untuk semua orang. Pesan tersebut akan terhapus pada smartphone milikmu dan si penerima pesan. Ketika berhasil dihapus, pesan akan berubah menjadi notifikasi "you deleted this message" atau kamu telah menghapus pesan ini.

Mudah bukan ? Tapi sebelumnya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan yaitu :

Update Aplikasi WhatsApp ke versi terbaru

Jika ingin merasakan fitur hapus pesan dua arah ini, kamu harus memperbarui aplikasi WhatsApp yang terinstall. Ini merupakan syarat utama sebab fitur tersebut baru tersedia pada aplikasi WA versi terbaru.

Pesan berusia maksimal 7 menit

Aplikasi WhatsApp menyediakan waktu 7 menit untuk mengkoreksi pesan yang terkirim. Jadi, pesan yang salah kirim atau salah ketik hanya dapat dihapus maksimal 7 menit setelah kamu memencet tombol Send atau kirim. Lebih dari 7 menit, pesan tidak dapat dihapus lagi (untuk selamanya).

Fitur ini akan sangat berguna untuk kamu yang sering kali typo alias salah ketik saat chatting. Begitu pula saat kamu salah kirim pesan yang bisa jadi momen memalukan, wkwkwk.

Baca juga : Begini Cara Menghapus Riwayat Web Browser Secara Otomatis
Demikian info dan tutorial menghapus pesan WA kali ini. Gunakan fitur tersebut dengan baik dan bijak. Terimakasih dan semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment