Monday, May 18, 2020

Trik WhatsApp Cegah Download Foto / Video Otomatis

Yang jadi masalah, WhatsApp secara default akan otomatis mengunduh atau mendownload file-file yang diterima. Apalagi jika kamu tergabung dalam berbagai grup WA. File-file yang dikirim seperti foto dan video akan langsung memenuhi galeri smartphone. Jika dibiarkan, memori penyimpanan dan kuota data internet juga dapat habis tanpa disadari.

Pada artikel ini, Tekno Jempol akan membagikan trik agar WhatsApp tidak mengunduh foto dan video secara otomatis. Berikut ini langkah-langkahnya

  • Pertama, buka aplikasi WA dalam smartphone
  • Tap menu Options (ikon 3 titik vertikal) pada pojok kanan atas aplikasi
  • Pilih Settings atau Pengaturan
  • Pilih menu Data Usage (Penggunaan Data)
  • Pada tab Media Auto-Download ada menu yang harus kamu perhatikan
  • When using mobile data (Saat menggunakan paket data seluler), hilangkan tanda centang pada semua jenis file (foto, audio, video, dan dokumen)
  • When connected on Wi-Fi (Saat terkoneksi Wifi), dapat dilakukan cara yang sama seperti di atas. Atau bisa juga diberi tanda centang semua.

Dengan menghilangkan tanda centang pada menu tersebut, file foto dan video yang kamu terima saat chatting tidak akan diunduh secara langsung. Kamu bisa memilih dan memilah file yang ingin di download. Jika ingin mengunduh, kamu cukup me-klik file foto atau video tersebut.

Sebagai catatan, untuk menambah pengalaman komunikasi, aplikasi WhatsApp tetap akan mengunduh pesan suara secara otomatis. File foto, gambar, atau video yang kamu terima juga akan terlihat buram/blur sebelum diunduh.

Baca juga :

  • Begini Cara Menghapus Pesan WhatsApp (WA) Yang Salah Kirim
  • Cara Menghemat Kuota Internet Saat Browsing Dengan UC Browser

Kalau mau, kamu juga bisa menghemat kuota data saat video call (panggilan video). Caranya cukup memberikan tanda centang pada menu Low data usage (Gunakan data minimal) dalam tab Call settings (Pengaturan panggilan). Penghematan data akan membuat video call lebih stabil tanpa putus nyambung. Mungkin kamu akan mendapatkan kualitas tampilan video call yang sedikit rendah.

Sekian trik WhatsApp untuk mencegah download foto dan video secara otomatis. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment