Monday, May 18, 2020

Cara Mengatasi dan Mencegah Mata Lelah Akibat Menatap Layar Smartphone

Jika terlalu lama bermain cellphone, kalian pasti akan merasakan yang namanya mata lelah. Sebab menatap layar cellphone terlalu lama bisa bikin otot mata menjadi terasa kaku. Bola mata juga akan terasa kering dan kaku akibat jarang berkedip. Kalau sudah begini, mata bisa menjadi lelah.

Hati-hati, jika mata sering kelelahan bisa membuat penglihatan kalian jadi terganggu lho! Efeknya, kalian bisa mengalami miopi atau rabun jauh sehingga harus memakai kaca mata untuk dapat membantu penglihatan.

Lalu, gimana cara agar mata tetap sehat meski main cellphone dalam waktu yang lama ? Berikut ini tips dan cara menghindari serta mengatasi mata lelah karena gadget/handphone ala Tekno Jempol :)

  • Pertama, pastikan jarak penglihatan antara bola mata dengan layar handphone minimal 30 cm. Saat kalian beraktifitas di depan komputer/laptop, pastikan juga jarak penglihatan dengan layar monitor setidaknya 50 cm.
  • Gunakan cellphone dalam posisi tegak dan nyaman. Kurangi kebiasaan menggunakan cellphone dalam posisi rebahan atau telalu bungkuk/menunduk.
  • Sesekali kedipkan mata saat melihat layar cellphone dan jangan sampai terpaku/terpana. Tujuannya agar bola mata tetap basah dan tidak terasa kaku. Umumnya, pengguna cellphone akan fokus terpaku menatap layar karena melihat suatu hal yang "menarik" di dalam cellphone-nya. Mungkin, dengan mengurangi tontonan "menarik" di cellphone, bisa mencegah mata lelah. :)
  • Kurangi kecerahan layar cellphone. Layar cellphone yang terlalu terang/kontras dapat menyilaukan mata. Sehingga dapat mengurangi kenyamanan mata saat beraktivitas dengan cellphone. Tapi, jika kalian menggunakan cellphone di luar ruangan (outdoor) waktu siang hari, kecerahan layar yang tinggi mungkin pilihan yang tepat.
  • Pastikan pencahayaan dalam ruangan juga sesuai dengan layar cellphone. Hindari menggunakan cellphone di ruangan gelap atau minim cahaya.
  • Kalian juga dapat menggunakan kacamata anti silau. Kacamata ini bertujuan untuk menghindarkan mata dari paparan cahaya yang terlalu kontras.
  • Cobalah untuk mengistirahatkan mata setelah menggunakancellphoneselama 5-15 menit. Kalian bisa melakukan senam mata singkat agar otot mata kalian tetap rileks dan tidak terasa kaku. Selain senam mata, kalian juga dapat melihat lingkungan sekeliling dengan memfokuskan mata pada objek yang jauh.
  • Jika mata sudah terlanjur terasa lelah, kalian bisa mencoba mengkompres mata dengan air atau menggunakan teknik palming. Caranya, cukup gosok kedua telapak tangan hingga terasa hangat kemudian tempelkan pada kedua mata. Lakukan cara tersebut hingga mata terasa enteng.
  • Gunakan aplikasi untuk menyaring gelombang sinar biru. Menurut beberapa penelitian, layar cellphone dapat memancarkan gelombang sinar biru yang dapat menyebabkan otak menjadi lebih mudah terjaga. Kalian mungkin pernah mengalami tidur kurang nyenyak atau bahkan insomnia setelah main cellphone terlalu lama. Nah, untuk mencegah efek dari gelombang sinar biru tersebut, kalian dapat menginstal aplikasi BlueLight Filter. Aplikasi BlueLight Filter dapat kalian unduh lewat layanan Google Play Store atau link di sini.
  • Last but not least, gunakan pola hidup sehat seperti istirahat cukup, rutin berolahraga, dan makan makanan bergizi terutama buah serta sayuran yang mengandung vitamin A. Hal ini akan membuat mata kalian tetap sehat
Baca juga :

  • Inilah 10 HP Android Dengan Daya Tahan Baterai Super Lama
  • 3 Manfaat Smartphone Yang Belum Banyak Diketahui
Itulah beberapa tips singkat mengenai cara menghindari dan mengatasi mata lelah setelah beraktivitas dengan cellphone. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan khususnya indera penglihatan dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Kalian harus tetap bijak dalam menggunakan cellphone yang kalian miliki. Gunakan sewajarnya dan jangan terlalu berlebihan. Menatap layar cellphone itu boleh, tapi lebih baik jika menatap masa depan yang cerah :)

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment